Berkunjung ke Indonesia, Darmin Yakin Wapres AS tak Bahas Freeport

Desi Angriani    •    Selasa, 18 Apr 2017 19:44 WIB
indonesia-as
Berkunjung ke Indonesia, Darmin Yakin Wapres  AS  tak Bahas Freeport
Wakil Presiden Amerika Serikat Michael R Pence. Dok: Reuters.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini tak ada pembahasan soal perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia dalam kunjungan kenegaraan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael R Pence. Kunjungan pada pertengahan April 2017 itu akan fokus membahas hubungan kerja sama antarkedua negara.

"Saya enggak tahu spesifik begitu pastinya enggak lah. Lebih kepada hal-hal hubungan antarnegara," ucap Darmin di kantornya  Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa 18 April 2017.

baca : Wapres AS Tiba di Indonesia Besok

Menurutnya, tidak etis jika pembicaraan atau negosiasi terkait Freeport dilakukan dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Wapres AS itu.

"Enggak lah artinya pertemuan begitu enggak bisa negosiasi," tegas dia.

Kendati demikian, Darmin tak memungkiri bakal ada pembicaraan mengenai kerja sama ekonomi dan keamanan regional bersama. Peningkatan kerja sama diperlukan untuk memajukan perekonomian Indonesia.

"Tentu wakil Presiden AS juga datang pasti adalah yang dia harapkan dan dia minta begini begitu," pungkas mantan Gubernur BI ini.

Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Mike Pence akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, pada 20 April 2017, lalu melakukan pertemuan bilateral dengan Wapres Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden.

Selama di Jakarta, Pence juga akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat senior dan diplomat ASEAN.

 


(SAW)

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

2 hours Ago

Aparat TNI AL Wilayah Dumai, Riau, menangkap sebuah kapal motor kayu yang diduga mengangkut 24 …

BERITA LAINNYA