BJB Bidik Pertumbuhan Pembiayaan 11%

   •    Rabu, 19 Apr 2017 16:29 WIB
bjb
BJB Bidik Pertumbuhan Pembiayaan 11%
BJB. MI/ROMMY PUJIANTO.

Metrotvnews.com, Bandung: PT Bank Jabar Banten (BJB) menargetkan penyaluran pembiayaan pada 2017 tumbuh 11 persen dibanding perolehan tahun lalu. Berbagai upaya terus dilakukan untuk merealisasikan target tersebut. Salah satunya dengan menggandeng lembaga pembiayaan terkait penyaluran kredit. 

Direktur Komersial BJB Suartini mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan PT Andalan Finance Indonesia (AFI) terkait fasilitas kredit pembiayaan. Kerja sama yang ketiga kalinya ini bernilai Rp200 miliar berbentuk kredit modal kerja. Ini untuk memperkuat pembiayaan AFI yang hingga Maret tahun ini sudah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp692 miliar.

"Ini meningkat sebesar 85 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu," kata Suartini di Bandung, Rabu 19 April 2017. 

Dari jumlah tersebut, menurutnya tersalurkan untuk pembiayaan mobil bekas sebesar 80 persen, sedangkan sisanya untuk pembiayaan mobil baru.

Tak hanya itu, BJB pun berpartisipasi dalam perjanjian kredit sindikasi dengan AFI sebesar Rp260 miliar. Dengan begitu, total pendanaan dari BJB kepada AFI sebesar Rp610 miliar.

"Andalan Finance Indonesia ini merupakan nasabah potensial BJB baik untuk produk funding maupun landing," katanya.

Lebih lanjut dia katakan, BJB terus memperkuat posisi sebagai lembaga intermediasi yang ditunjukkan dengan keberhasilan perseroan.

Pihaknya mencatat pertumbuhan kredit mencapai 14,2 persen secara year on year (yoy) pada 2016. Pertumbuhan tertinggi pada segmen consumer yang mencapai 15,7 persen menjadi Rp44,2 triliun pada Desember 2016. 

Dia mengatakan pada 2016, BJB melakukan corporate action dengan menerbitkan medium term notes (MTN) sebesar Rp1,1 triliun. 

"Dana yang diperoleh dari aksi korporasi itu akan digunakan untuk mendukung ekspansi kredit pada 2017," katanya. 



(SAW)