Peran Penting Jokowi untuk Hilirisasi Industri

Ilham wibowo    •    Selasa, 04 Dec 2018 18:31 WIB
Hilirisasi Industri
Peran Penting Jokowi untuk Hilirisasi Industri
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)

Jakarta: Pengamat Ekonomi Energi UGM Fahmy Radhi menilai kehadiran Presiden Joko Widodo dalam mengawal hilirisasi industri teramat penting. Peningkatan nilai tambah komoditas unggulan ekspor perlu mendapat dukungan.

"Saya kira keinginan Presiden Jokowi tidak berlebihan untuk meningkatkan nilai tambah, memang harus melakukan seperti itu dengan hilirisasi industri," ungkap Fahmy kepada Medcom.id, Selasa, 4 Desember 2018.

Niatan untuk mengubah nilai tambah dalam produk turunan komoditas terutama sektor pertambangan ini perlu dilakukan dengan serius. Implementasinya, kata Fahmy, perlu disamakan seperti pemerintah yang telah mengawal proyek infrastruktur nasional.

"Mengawal hilirisasi industri ini mesti dikawal langsung oleh Jokowi agar tidak hanya diwacanakan. Seperti mengawal proyek infrastruktur, itu kan dikawal dengan baik sehingga bisa diwujudkan," ungkapnya.

Menurut Fahmy, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan pemerintah yakni dengan menyiapkan desain hilirisasi industri. Selain itu, fasilitas pendukung pun menjadi poin utama khususnya dalam mendorong peran pelaku industri.

"Kementerian Perindustrian harus punya road map atau cetak biru hilirisasi. Lalu perlu ada dukungan fasilitas bisa infrastruktur atau fasilitas perpajakan atau fasilitas investasi agar pengusaha mau dilakukan hilirisasi," bebernya.

Sikap tegas pemerintah dalam kebijakan ekspor bahan mentah juga perlu dilakukan melalui regulasi kepada pelaku usaha. Program penataan dan peningkatan industri nasional ini pun bisa mulai dilakukan dengan segera secara bertahap.

"Fasiltas itu ada relokasinya, sehingga diarahkan pada hilirisasi. Tanpa aturan dan diserahkan kepada pasar ya yang terjadi seperti saat ini," tandasnya.

 
(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA