Pengerjaan LRT Palembang Rampung Akhir 2017

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 25 Nov 2016 16:46 WIB
waskita karyaproyek lrt
Pengerjaan LRT Palembang Rampung Akhir 2017
Ilustrasi LRT. (FOTO: ANTARA/Fenny Selly)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Palembang sudah mencapai 25 persen hingga saat ini. Setidaknya, pengoperasian LRT di Palembang bisa terjadi di awal 2018, seiring dengan berlangsungnya Asian Games 2018.

"Proyek LRT sudah mencapai 25 persen hingga saat ini. Pengerjaan masih sesuai perencanaan (on schedule) dengan target waktu Asian Games 2018," ucap ‎‎Direktur Utama Waskita Karya M Choliq, ditemui usai RUPSLB perseroan di kantor pusat Waskita Karya, Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Lebih cepatnya pengerjaan LRT, kata Choliq, jangan diremehkan. Karena, perkembangan proyek sangat cepat, dan diproyeksikan bisa melesat lebih awal. Pembangunan sudah tiga bulan lebih cepat penyelesaiannya bila dibanding waktu yang ditargetkan.

"Ini kira-kira dua sampai tiga bulan lebih maju dari target awal," tambah Choliq.

Dengan target bisa beroperasi di 2018, lanjut Choliq, maka pembangunan LRT diharapkan bisa rampung di 2017. Setelah konstruksi selesai, selanjutnya akan di pasang instalasi listrik, penerangan, dan sistem informasi. 

"Kami harapkan masyarakat Palembang bisa merasakan kenyamanan melakukan perjalanan dengan LRT di 2018," harap dia.

Dengan pengerjaan yang lebih cepat, maka bila ditemukan setiap kekurangan, maka akan bisa lebih diatasi. "Asian Games di Agustus 2018, jika selesai akhir 2017, maka ada sisa delapan bulan untuk uji coba, pengerjaan signaling dan lainnya," tukas Choliq.

Sekadar informasi, LRT Palembang, Sumatera Selatan, memiliki panjang 23 kilometer (km) dengan lima zona. Sepanjang 23 km akan melewati 13 stasiun berawal dari depo. Ketiga belas stasiun itu yakni, Stasiun Opi, Stasiun Stadion Jakabaring, Stasiun Gubenur Bestari-Polresta, Stasiun Terpadu Jembatan Ampera.

Kemudian, ada Stasiun Pasar Cinde, Stasiun Dishub Kominfo Prov. Sumsel, Stasiun Palembang Icon, serta Stasiun Demang Lebar Daun, Stasiun Polda, Stasiun RSUD, Stasiun Telkom, Stasiun Asrama Haji, dan berakhir di Bandara Sultan Mahmud II.


(AHL)