Penerapan Transaksi Nontunai di Tol Sudah 72%

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 06 Oct 2017 21:07 WIB
transaksi non tunaiemoney
Penerapan Transaksi Nontunai di Tol Sudah 72%
Ilustrasi. (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat transaksi nontunai di tol saat ini sudah mencapai 72 persen. Ditargetkan hingga akhir Oktober sudah mencapai 100 persen.

"Progresnya sudah mencapai 72 persen per 5 Oktober," tutur Kepala BPJT Hery Trisaputra Zuna, di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat 6 Oktober 2017.

Hery mengatakan jika dibanding  Desember 2016, transaksi nontunai di tol baru mencapai 23 persen. Oleh karenanya, Hery memandang kenaikan ini sangatlah signifikan.

Kendati baru diberlakukan 100 persen di seluruh tol di Indonesia pada 31 Oktober, namun Hery bilang ada beberapa daerah yang sudah menerapkan 100 persen.

"Denpasar, Bogor Ring Road sudah 100 persen, yang lain masih harus didorong. Tapi dengan 72 persen kami yakin 31 Oktober akan capai 100 persen," jelas Hery.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut Jasa Marga sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Desi Arryani mengatakan selama beberapa bulan terakhir pihaknya setiap hari mentransformasi gardu yang awalnya melayani tunai menjadi portal otomatis e-tol.

"Dengan setiap hari transportasi gardu, pada 31 Oktober seluruh gardu hanya bisa terima e-tol," jelas dia.

 


(AHL)