Kadin Butuh Insentif Pemerintah untuk Dorong Ekspor

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 08 Feb 2018 20:44 WIB
ekspor
Kadin Butuh Insentif Pemerintah untuk Dorong Ekspor
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani. (ANT/Puspa Perwitasari).

Tangerang: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap pemerintah memberikan insentif untuk pelaku usaha mendorong ekspor nasional. Apalagi pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan pertumbuhan ekspor tahun ini bisa mencapai 11 persen.

"Kita harapkan tentu insentif pajaknya, karena yang terkait dengan fiskal itu penting," kata Ketua Umum Rosan P Roeslani di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis, 8 Februari 2018.

Dirinya menambahkan, pemerintah juga harus bisa menjamin ketersediaan bahan baku melalui singkronisasi kebijakan dan peraturan yang ada. Dengan begitu, pelaku usaha akan mampu berproduksi sehingga menyediakan barang yang dapat diekspor ke luar negeri.

Barang yang diproduksi di Indonesia juga harus lebih kompetitif agar mampu bersaing dengan produk yang sama dari negara lain. Selain itu, Rosan berharap pemerintah bisa menjalin kerja sama dengan banyak negara untuk membuka pasar ekspor non tradisional.

"Karena dari Kadin sendiri lebih membangun dari industrinya. Ini justru yang kita dorong (pemerintah) untuk meyakinkan mereka bahwa kita buka pasar baru, termasuk bukan hanya yang (pasar) tradisional tapi seperti kemarin kita ke Asia Pasifik, India, Pakistan, Sri Lanka," jelas dia.

Dari sektor industrinya, Kadin mendorong sejumlah industri yang memang sudah memiliki pasar ekspor agar lebih ditingkatkan. Sementara ekspor komoditas juga dinilai akan mengalami perbaikan seiring dengan kondisi ekonomi di negara maju khususnya Tiongkok yang mulai membaik.

"Kalau kita bicara di luar tambang, karena batubara dan komoditas itu pasti akan jauh lebih baik tahun ini. Tapi industri yang ingin kita dorong itu (misalnya) industri alas kaki, otomotif yang kita memang sudah bagus di situ," pungkasnya.



(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

4 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA