BPS: Tingkat Optimisme Konsumen di Bali Membaik

   •    Kamis, 10 Aug 2017 11:00 WIB
bpsekonomi daerah
BPS: Tingkat Optimisme Konsumen di Bali Membaik
Gedung BPS (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Denpasar: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat optimisme konsumen di Bali pada triwulan II-2017 menunjukkan kenaikan atau dalam artian cukup membaik. Hal itu tercermin dari indeks tendensi konsumen (ITK) mencapai 110,81, bertambah 6,90 dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang 103,91.

"Peningkatan yang cukup signifikan itu tercermin dari kondisi ekonomi secara umum dan level optimisme konsumen," kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bali Adi Nugroho, seperti dikutip dari Antara, di Denpasar, Kamis 10 Agustus 2017.

Ia mengatakan meningkatnya indeks tendensi konsumen didorong oleh bertambahnya semua komponen penyusun. Indeks pendapatan saat ini tercatat mengalami peningkatan dengan indeks sebesar 104,05.

Tendensi yang tercatat pada triwulan II-2017 merupakan sinyalemen positif bagi perekonomian konsumen, mengingat tingkat optimisme akan membaik kondisi perekonomian pada triwulan II-2017 tercatat lebih tinggi dibandingkan triwulan yang sama tahun sebelumnya (108,78).

Demikian pula dilihat lebih jauh ke periode sebelumnya peningkatan ITK dari triwulan I ke triwulan II terjadi pada pola yang wajar. Adi Nugroho menambahkan perekonomian pada awal tahun umumnya bergerak lebih lambat, sementara memasuki triwulan II-2017 aktivitas perekonomian mulai meningkat.

"Sementara itu indeks pengaruh inflasi dan volume konsumen makanan sebesar 112,58 serta minuman tercatat turut meningkat dengan capaian indeks 111,97," tuturnya.

Adapun indeks tendensi konsumen di Provinsi Bali pada triwulan III-2017 diperkirakan mencapai 10374. Indeks perkiraan tersebut memprediksikan bahwa kondisi ekonomi konsumen masih akan membaik, meskipun dengan level yang menurun.


(ABD)