Masalah Sosial dan Kemiskinan Pemicu Terorisme

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 11 Jul 2017 16:42 WIB
kemiskinan
Masalah Sosial dan Kemiskinan Pemicu Terorisme
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menyebut berbagai masalah sosial dan keamanan terkait kemiskinan dapat menjadi pemicu instabilitas dan terorisme.

Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, salah satu contoh di sektor perikanan adalah larangan penggunaan kapal cantrang.

"Membiarkan nelayan pemilik kapal cantrang atau buruh nelayan yang bekerja di kapal cantrang tidak sanggup berlayar dalam waktu yang lama merupakan suatu masalah yang harus ditanggapi dengan cermat," kata Luhut di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Ia menjelaskan, meskipun ada pelarangan penggunaan kapal cantrang, seharusnya kesejaheraan rakyat juga diperhatikan dan tidak boleh diabaikan.

Kebutuhan sehari-hari yang sangat mendesak dapat menciptakan nelayan terperangkap dalam utang. Sekian banyak dan lama tumpukan akan menjerat nelayan.

"Belum lagi berbagai masalah sosial dan keamanan yang terkait dengan kemiskinan. Tanpa harus beranalisa secara berlebihan, fakta menunjukkan bahwa kemiskinan merupakan pemicu dan bahkan terorisme," ucap Luhut.

Oleh karena itu, lanjut Mantan Menkopolhukam ini, perlu ada solusi bagi nelayan yang menggunakan kapal cantrang tersebut.

"Solusi nelayan cantrang kiranya tidak hanya dengan pemberian alat yang ramah lingkungan, tetapi harus lebih fundamental, antara lain perubahan 'skill set'," tutup Luhut.


(AHL)