Himbara Resmi Gunakan JPN sebagai Perusahaan Switching

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 20 Jun 2017 16:49 WIB
atm himbara
Himbara Resmi Gunakan JPN sebagai Perusahaan <i>Switching</i>
Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara). MTVN/Eko Nordiansyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) resmi memiliki perusahaan switching melalui PT Jalin Pembayaran Nusantara (JPN). Proses perizinan principal JPN untuk melayani nasabah empat bank BUMN bahkan telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI) selaku regulator di sistem pembayaran.

Ketua Himbara Maryono mengatakan, dengan adanya izin tersebut maka JPN bisa melayani interkoneksi pada sistem pembayaran bank Himbara. Bukan hanya untuk penggunaan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tetapi juga bisa digunakan di EDC empat bank tersebut.

"Dengan adanya izin yang dikeluarkan oleh BI, Jalin ini sudah jadi perusahaan swtiching bukan hanya ATM tapi juga EDC, ini sebagai embrio juga untuk masuk ke NPG," kata dia di Plaza Mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 20 Juni 2017.

Dengan adanya izin tersebut, maka JPN juga akan menjadi salah satu lembaga switching yang dimiliki oleh permintah. BI meyakini jika langkah ini akan membuat biaya transaksi antar bank Himbara dapat lebih murah.

Direktur Eksekutif Departemen Sistem Pembayaran BI, Enni V. Panggabean mengatakan, efisiensi yang dilakukan bank-bank BUMN sesuai dengan visi misi bank sentral. Untuk itu dirinya sangat mendukung proses pemilikan perusahaan switching sendiri oleh Himbara.

"Kami sebagai otoritas di sistem pembayaran yang berikan izin, mengingingkan adanya suatu efisiensi nasional. Untuk mewujudkan itu, kami melihat bahwa hal tsersbt perlu dilakukan interoperabilty,
interkonektivitiy dari pelaku sistem pembayaran," jelas dia.

Saat ini ada 61.000 ATM bank-bank Himbara yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan belasan ribu di antaranta sudah terintergrasi dalam T Merah Putih atau ATM Link. Selain ATM keempat bank ini masih memiliki jaringan pembayaran melalui mesin-mesin EDC.


(SAW)