Jokowi Dorong Pembayaran Nontunai di Pasar Tradisional

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 12 Dec 2018 15:53 WIB
transaksi non tunai
Jokowi Dorong Pembayaran Nontunai di Pasar Tradisional
presiden jokowi--Antara/Widodo S

Jakarta: Presiden Joko Widodo ingin cara pembayaran di pasar tradisional tak hanya menggunakan uang tunai. Pedagang juga harus mulai menerapkan cara nontunai dengan menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC).

"Pedagang kita harus mulai diintervensi dengan cara seperti itu. EDC, tanpa cash," ujar Jokowi dalam acara peresmian rapat kerja nasional asosiasi pengelola pasar Indonesia tahun 2018 di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu, 12 Desember 2018.

Dia memerintahkan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membantu para pedagang untuk mengubah cara pembayaran di pasar. Menurut dia, para pedagang harus diintervensi dan diberikan pelatihan agar pasar tradisional naik tingkat.

Baca: Presiden: E-Toll Percepat Pelayanan

Dia pun meyakini pasar tradisional tak kalah bersaing dengan pasar modern seperti supermarket. Terutama persaingan dalam segi harga. Namun, pasar tradisional masih harus sedikit mendapat sentuhan agar tetap memikat konsumen.

"Saya sampaikan bisa bersaing pasar rakyat kita dengan supermarket. Saya meyakini itu. Sejak awal saya menyelesaikan persoalan di pasar memang manajemen perlu diperbaiki bersama-sama," kata dia.


(YDH)