Indonesia Eximbank Siap Cetak Pelaku Ekspor Baru

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 07 Dec 2017 20:41 WIB
perbankan
Indonesia Eximbank Siap Cetak Pelaku Ekspor Baru
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Batam: Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank memiliki program untuk mencetak pelaku-pelaku ekspor baru di Tanah Air. Munculnya pelaku ekspor baru diharapkan semakin meningkatkan daya saing ekspor Indonesia di kancah dunia internasional.

Demikian diungkapkan Direktur Pelaksana LPEI Arif Setiawan, dalam paparannya di Media Coaching bertema 'Peran Pembiayaan Ekspor dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional', di Hotel Aston, Batam, Provinsi Kepri (Kepri), Kamis, 7 Desember 2017.

Arif mengatakan, sebagai lembaga yang berperan memberikan fasilitas pembiayaan termasuk penjaminan dan asuransi LPEI juga menyediakan layanan jasa konsultasi. Melalui jasa konsultasi ini LPEI akan memberikan paparan dan penjelasan tentang kegiatan ekspor dan perdagangan keuangan bagi para pelaku usaha kecil hingga berskala besar.

"Melalui jasa konsultasi ini kami mendorong munculnya pelaku-pelaku ekspor baru di Tanah Air. Tidak hanya bagi pelaku usaha berskala besar, tetapi juga bagi pelaku-pelaku usaha kecil dan menengah yang berorientasi ekspor," ungkapnya.

Saat ini masih banyak pelaku usaha yang belum mengetahui tugas dan peran LPEI dalam perannya memfasilitasi pembiayaan ekspor di Indonesia. Pemahaman tentang pembiayaan kegiatan yang dilakukan dunia usaha hanya pada pihak perbankan atau lembaga keuangan.

"Nah dengan semakin intensnya kami melakukan sosialisasi dan dibantu media untuk mempublikasikan kegiatan LPEI maka kami harapkan semakin banyak pelaku usaha memilih Indonesia Eximbank sebagai lembaga pembiayaan ekspor," ujarnya.

Direktur Eksekutif LPEI Sinthya Roesli menambahkan, sebagai lembaga pembiayaan ekspor, LPEI juga berperan membantu pelaku-pelaku usaha berorientasi ekspor untuk mendapatkan beragam informasi tentang kegiatan ekspor.

"Kami juga ingin agar pelaku usaha yang sudah bisa berproduksi jangan sampai berhenti di tengah jalan hanya karena kekurangan modal untuk ekspor. Kami siap membantu memfasilitasi pembiayaannya karena ekosistem di LPEI itu beragam," tuturnya.

Adapun hingga triwulan III-2017, LPEI telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp90 triliun lebih kepada para pelaku ekspor di Tanah Air. Sejak berdirinya pada 2009, hingga saat ini aset LPEI mencapai Rp180 triliun lebih.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA