PDB Perikanan Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

   •    Senin, 23 Oct 2017 15:04 WIB
perikanankelautan dan perikananilegal fishingkapal asing
PDB Perikanan Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Banda Naira: Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menegaskan selama tiga tahun kepemimpinannya neraca perdagangan perikanan Indonesia melonjak dan saat ini tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara. Tentu diharapkan kondisi seperti ini bisa terus meningkat di masa mendatang dan mendukung perekonomian.

"Perkembangan sektor perikanan di Tanah Air semakin baik dan saat ini nomor satu di Asia tenggara. Bahkan saya optimis Produk Domestik Bruto (PDB) sektor perikanan Indonesia bisa mencapai sembulan persen diakhir 2017," kata Susi, seperti dikutip dari Antara, Senin 23 Oktober 2017.

Menteri Susi yang berkunjung ke Pulau Banda dalam rangka kegiatan tutup sasi lobster serta buka sasi sekaligus panen kerang lola, menegaskan, ekspor produk perikanan Indonesia terus meningkat dan diperkirakan akan mencapai tujuh persen hingga akhir 2017, sedangkan impor mengalami penurunan hingga 70 persen.

Dia mengatakan, banyak perusahaan perikanan saat ini di sejumlah negara termasuk Thailand ingin relokasi industri pengolahannya ke Indonesia. Di antaranya perusahaan Aneka Tuna di Thailand yang berkeinginan beroperasi di Indonesia dikarenakan kesulitan bahan baku produksi.



"Jadi mereka tidak perlu menangkap ikan di perairan Indonesia. Tinggal beli saja dari nelayan yang melakukan penangkapan. Kita undang semua perusahaan pengolahan produk perikanan untuk masuk dan berusaha ke Indonesia," tuturnya.

Kendati demikian, Susi menegaskan, perusahaan asing yang ingin mengalihkan industri pengolahannya di Indonesia dilarang keras mengoperasikan kapal penangkapannya di perairan dalam negeri. "Silakan masuk dan membangun pabrik pengolahan di Indonesia tetapi dilarang keras kapal ikan asing beroperasi melakukan penangkapan di perairan Indonesia," tegasnya.

Pada 2012, PDB perikanan Indonesia adalah Rp184,25 triliun dan berkontribusi sebesar 2,14 persen terhadap PDB nasional. Pada 2013 kontribusinya meningkat menjadi 2,21 persen terhadap PDB nasional. Angka ini terus meningkat di 2014 dengan nilai sebesar Rp247,09 triliun atau berkontribusi sebesar 2,34 persen terhadap PDB nasional.

Sedangkan pada 2015, sektor perikanan menyumbang PDB sebesar Rp288,92 triliun dengan kontribusi 2,51 persen dan 2016 sebesar Rp317,09 triliun rupiah dengan kontribusi sebesar 2,56 persen.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

13 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA