DKP: Baru 30% Potensi Perikanan Tergarap

   •    Jumat, 25 Nov 2016 14:27 WIB
perikanankelautan dan perikanan
DKP: Baru 30% Potensi Perikanan Tergarap
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Metrotvnews.com, Koba: Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat hingga sekarang baru sekitar 30 persen potensi perikanan daerah itu yang berhasil tergarap. Diharapkan angka ini bisa terus mengalami peningkatan di masa mendatang.

"Baru sekitar 30 persen atau sekitar 20.250 ton potensi perikanan tangkap yang sudah tergarap dari total potensi sebesar 60.000 ton per tahun," kata Kepala DKP Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dedi Muchdiyat, seperti dikutip dari Antara, di Koba, Jumat (25/11/2016).

Ia menjelaskan, pemerintah daerah terus mendorong para nelayan untuk meningkatkan produksi tangkp mereka melalui program kelautan. "Potensi perikanan tangkap belum tergarap secara optimal karena berbagai sebab di antaranya rata-rata nelayan masih melakukan pola tangkap tradisional," ujarnya.

Selain itu, kata dia, peralatan tangkap para nelayan masih terbatas baik jaring, pancing dan perahu yang digunakan untuk menangkap ikan. "Justru itu pemerintah daerah terus berupaya memberdayakan para nelayan dengan menyalurkan bantuan alat tangkap sesuai kebutuhan mereka," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dedi menyatakan, tingkat kebutuhan masyarakat terhadap ikan laut dan air tawar setiap tahun terus meningkat namun belum sebanding dengan potensi perikanan yang sudah digarap.

"Maka potensi perikanan ini harus benar-benar digerap secara optimal untuk kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir di daerah ini," pungkasnya.

 


(ABD)