Pemerintah Bersikeras Cantrang Harus Diganti

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 08 Sep 2017 18:49 WIB
cantrang
Pemerintah Bersikeras Cantrang Harus Diganti
Ilustrasi: Nelayan. Foto: MTVN/Syahmaidar.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah bersikeras cantrang harus diganti dengan alat yang lebih ramah lingkungan. Pasalnya, cantrang dinilai dapat merusak populasi ikan.

"Ya kalau pemerintah sampai sekarang tetap berpegang pada satu kebijakkan bahwa cantrang memang harus diganti," kata Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki di kantornya, Jakarta, Jumat 8 September 2017.

Namun, proses peralihan dari cantrang ke alat baru harus bertahap. Hal ini disebabkan faktor biaya sehingga kini pemerintah masih memberikan izin penggunaan cantrang hingga akhir tahun.

Sembari mengalihkan, pemerintah akan mengedukasi nelayan sehingga mereka percaya tanpa cantrang penghasilannya tak berkurang. Dia pun tak menyoalkan masih adanya penolakan terhadap larangan cantrang. 

Salah satu pendiri Indonesia Corruption Watch (ICW) itu juga telah menerima kajian dari aliansi nelayan Indonesia tentang cantrang. Ia menilai kajian itu sebagai masukan kepada pemerintah dan dipelajari oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Ini yang mereka ajukan kajian. Hasil kajian, saya enggak tahu itu kajian ahli atau (bukan). Memang di ahli terbelah juga, ada yang pro dan kontra. Biasalah. Saya kira ini masukan saja untuk kita, toh tadi juga ada dari KKP," kata dia.


(OGI)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

22 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA