Pemerintah Perlu Hapus Kemiskinan di Pedesaan

   •    Kamis, 17 Aug 2017 18:38 WIB
kemiskinan
 Pemerintah Perlu Hapus Kemiskinan di Pedesaan
Kemiskinan (ANT/Rendhik).

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah perlu untuk lebih fokus dalam rangka mengatasi tingkat kemiskinan yang diperkirakan sudah mencapai 60 persen di perdesaan.

"Penduduk di desa relatif banyak yang miskin. Lebih baik kemiskinan ini diperbaiki dahulu, kata anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan dikutip dari Antara, Kamis 17 Agustus 2017. 

Menurut dia, pembiayaan pembangunan yang diambil dari utang pemerintah sebaiknya dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat miskin di desa. Dia juga mengingatkan bahwa 50 persen orang miskin di pedesaan bekerja di sektor pertanian.

Heri berpendapat bahwa pembangunan infrastruktur bila tak bisa digunakan secara luas, berarti hanya diperuntukkan bagi segelintir orang saja. Sebaiknya fokus untuk memperbaiki angka kemiskinan agar infrastrukturnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas.

Sebagaimana diwartakan, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa kebijakan strategis belanja negara dalam RAPBN 2018 diarahkan untuk mengurangi tingkat kemiskinan serta kesenjangan di tengah masyarakat.

"Belanja negara pada tahun 2018 yang direncanakan sebesar Rp2.204,4 triliun akan diarahkan utamanya untuk pengurangan kemiskinan dan kesenjangan guna menciptakan keadilan dan perlindungan sosial di tengah masyarakat," kata Presiden Jokowi pada Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU tentang RAPBN Tahun Anggaran 2018 Beserta Nota Keuangannya di Jakarta, Rabu 16 Agustus.

Menurut Presiden Joko Widodo, hal yang akan dilakukan adalah melalui peningkatan efektivitas program perlindungan sosial dan penajaman pada belanja pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.



(SAW)