Pemerintah Bakal Beri Insentif bagi Eksportir SDA

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 10 Nov 2018 09:30 WIB
devisa hasil ekspordaftar negatif investasi
Pemerintah Bakal Beri Insentif bagi Eksportir SDA
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Pemerintah berencana memberikan insentif bagi eksportir sumber daya alam (SDA). Insentif akan diberikan bagi mereka yang akan membawa devisa hasil ekspor (DHE) kembali ke dalam negeri.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan insentif yang diberikan akan diharmonisasikan dengan peraturan pemerintah (PP) yang sudah ada. Targetnya aturan baru akan selesai pekan depan.

"Nanti akan diselesaikan minggu depan. Ya special account, tarifnya, kemudian bagaimana mekanismenya, semuanya akan diharmonisasikan," kata dia ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 9 November 2018.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyebutkan insentif yang akan diberikan akan dipertajam dan diperluas dari yang sudah ada. Tujuannya juga untuk memudahkan investasi.

"Seperti tax holiday dan terus bagaimana kita bisa memudahkan investasi dengan relaksasi-relaksasi. Termasuk di daftar negatif investasi tapi ini masih dalam diskusi," kata dia.

Dirinya menambahkan, Indonesia membutuhkan aliran devisa yang lebih banyak masuk ke dalam negeri. Tujuannya juga untuk memperkuat rupiah, meskipun dolar Amerika Serikat (AS) sempat mengalami pelemahan.

"Meskipun dolar sempat reda. Kita kan harus waspada dan harus progresif karena pasti suatu saat akan kembali. Tekanan pada rupiah itu akan kembali, jadi sekarang kita mesti mulai siap-siap," pungkasnya.

 


(AHL)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA