Fintech Diyakini Ciptakan Efisiensi

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 12 Oct 2018 07:15 WIB
fintechIMF-World Bank
<i>Fintech</i> Diyakini Ciptakan Efisiensi
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara (tengah) (Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Nusa Dua: Bank Indonesia (BI) menyebut berkembangnya teknologi keuangan atau financial technology (fintech) dalam ekonomi digital bisa memberikan berbagai manfaat. Bahkan, bisa saja memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi agar lebih baik lagi di masa mendatang.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan Asia termasuk Indonesia merupakan tempat yang ideal bagi fintech berkembang. Menurutnya hadirnya fintech mengurangi selisih dan menciptakan akses pembiayaan yang lebih baik.

"Fintech juga menciptakan efisiensi dan produktivitas secepat mungkin, semudah mungkin dan membuat biaya pelayanan bisa ditekan," kata Mirza, dalam dialog Kebijakan Tingkat Tinggi Mengenai Kerja Sama Kawasan untuk Mendukung Inovasi, Inklusi, dan Stabilitas di Asia, di Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Mirza menambahkan di Indonesia lebih dari seperempat juta penduduknya telah tersambung dengan teknologi yang baru, serta lebih dari 50 juta UMKM tergabung dalam kegiatan e-commerce. Di sisi lain, fintech memiliki potensi risiko. Karena itu, dia mengajak para pembuat kebiajakan di Asia untuk bekerja sama dalam merespons tantangan dan risiko tersebut.

"Kita harus memitigasi risiko tersebut. Untuk mengelola potensi risiko tersebut diperlukan koordinasi yang baik," jelas Mirza.

Dalam kesempatan yang sama Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Takehiko Nakao mengatakan fintech menyebar dengan begitu cepat. Untuk itu dibutuhkan aturan guna mengawasi perkembangan tersebut.

"Kita harus mendorong lingkungan yang memungkinkan teknologinya berkembang serta memperkuat kerja sama kawasan guna membangun standar peraturan dan sistem pengawasan yang harmonis demi mencegah pencucian uang internasional, pendanaan teroris, dan kejahatan siber," pungkas dia.


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

20 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA