Legislatif Diharap Dukung Transformasi Bangsa di Era Digital

Eko Nordiansyah    •    Senin, 08 Oct 2018 18:46 WIB
ekonomi digital
Legislatif Diharap Dukung Transformasi Bangsa di Era Digital
Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution. Dok: Kemenko Perekonomian.

Nusa Dua: Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution berharap lembaga legislatif mampu mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya legislator juga memiliki peran penting dalam transformasi bangsa di era digital.

Dalam High Level Parliamentary Meeting, yang merupakan rangkaian Pertemuan Tahunan International Monetary Fund-World Bank Group (IMF-WBG) 2018, Darmin menyebut perlu ketersediaan dari para pembuat Undang-Undang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, memelopori perubahan serta mampu menangkap peluang baru.

"Para pembuat Undang-Undang harus mampu menghasilkan terobosan besar yang kreatif, visioner, inovatif, sekaligus mampu mengelola dampak sosial yang diakibatkan," kata Darmin di Nusa Dua, Bali, Senin, 8 Oktober 2018.

Dirinya berharap pertemuan ini mampu merumuskan rekomendasi kebijakan yang akurat untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas SDM, khususnya dalam menghadapi perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan ekonomi digital.

Darmin mengaku perlu adanya pengaturan regulasi yang komprehensif untuk mengimplementasikan investasi SDM. Regulasi tersebut yang akan menjadi panduan untuk memastikan bahwa semua program akan sejalan dengan peraturan yang ada.

"Tanpa regulasi yang jelas, kami khawatir hal-hal itu akan keluar dari harapan. Dalam hal ini, eksekutif dan legislatif harus saling bahu-membahu untuk mewujudkan regulasi dapat dilaksanakan dengan baik," pungkas dia.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA