Pembiayaan Swasta Perbaiki Defisit Transaksi Berjalan

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 09 Oct 2018 15:06 WIB
defisit anggaran
Pembiayaan Swasta Perbaiki Defisit Transaksi Berjalan
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo (tengah). Dok; BI.

Bali: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mendorong pembiayaan infrastruktur oleh pihak swasta. Pembiayaan infrastruktur melalui pihak swasta menjadi paradigma baru dalam pembiayaan infrstruktur.

Perry mengatakan salah satu manfaat dari pembiayaan infrastruktur oleh swasta yaitu bisa menekan dan memperbaiki defisit transaksi berjalan (CAD). Sebab pembiayaan swasta tidak hanya datang dari dalam negeri namun juga oleh asing.

"Manfaat infrastructure financing oleh swasta akan perbaiki CAD," kata Perry  dalam acara Indonesia investment forum 2018 dengan tema a new paradigm infrastructure financing di Bali, Selasa, 9 Oktober 2018.

Perry menjelaskan jika infrastruktur dikembangkan oleh asing maka akan ada aliran modal yang masuk. Dampaknya tentu akan membuat rupiah menguat dari tekanan yang membuat melemah selama ini.

Manfaat lainnya kata Perry mempercepat pembanginan infrastrukturyang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi jangka menengah-panjang. Selain itu, lanjut Perry memperluas kesempatan investor domestik maupun asing untuk berpartisipasi dalam pembiayaan infrastruktur.

 


(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA