Kuartal I-2018

BI Perkirakan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,11%

   •    Kamis, 12 Apr 2018 09:01 WIB
ekonomi indonesia
BI Perkirakan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,11%
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2018 mencapai sebesar 5,11 persen seiring membaiknya kondisi ekonomi sejak awal tahun. Diharapkan kondisi ini bisa terus membaik di masa-masa mendatang dan mendukung pemerataan kesejahteraan.

"Kita perkirakan pertumbuhan ekonomi pada kisaran 5,11 persen untuk kuartal I-2018," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Agus mengatakan salah satu tanda pemulihan kondisi ekonomi yang memengaruhi kinerja pertumbuhan pada kuarta I-2018 adalah meningkatnya defisit neraca transaksi berjalan. Defisit neraca transaksi berjalan yang diperkirakan mencapai dua persen terhadap PDB pada periode ini disebabkan peningkatan impor yang dibutuhkan untuk investasi.

"Kita perkirakan kuartal I-2018 defisit transaksi berjalan di kisaran dua persen terhadap PDB. Jadi ada tekanan dan hal ini sudah menjadi tren yang dilihat dari tiga bulan terakhir," ujarnya.

Dirinya menambahkan proyeksi pertumbuhan pada kuartal I-2018 masih berada dalam angka perkiraan pertumbuhan ekonomi keseluruhan tahun sebesar 5,1 persen-5,5 persen. Ada harapan target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 bisa tercapai.

Sebelumnya, Bank Pembangunan Asia dalam publikasi ekonomi tahunan Asian Development Outlook (ADO) 2018 memperkirakan perekonomian Indonesia tumbuh 5,3 persen pada 2018 dan 2019 seiring peningkatan laju investasi dan perbaikan konsumsi rumah tangga.

Kepala Perwakilan Asian Development Bank (ADB) untuk Indonesia, Winfried Wicklein mengatakan manajemen makroekonomi Indonesia yang kuat dan reformasi struktural telah mendorong momentum investasi. "Dengan berlanjutnya upaya reformasi, Indonesia dapat mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi dan inklusif," pungkas dia.

 


(ABD)