bansos

Bantuan Sosial tak Cukup Menjaga Masyarakat Rentan Miskin

Dheri Agriesta    •    Senin, 30 Jul 2018 17:36 WIB
bansos
Bantuan Sosial tak Cukup Menjaga Masyarakat Rentan Miskin
Kemiskinan. MI/Galih Pradipta.

Jakarta: Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menjelaskan program bantuan sosial tak cukup menjauhkan masyarakat rentan miskin dari kemiskinan. Pemerintah harus memutar otak untuk mendukung pendapatan masyarakat rentan miskin ini.

"Kalau kita menjaga (masyarakat) rentan miskin (agar) tidak pernah jatuh (ke golongan miskin), sukur-sukur dia naik ke atas, sebenarnya ada dua, lapangan kerja dan kemudahan berusaha," kata Bambang di Gedung Kementerian Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 30 Juli 2018.

Pendidikan vokasi dinilai penting diberikan kepada masyarakat rentan miskin. Pendidikan ini bisa memberikan keahlian kepada masyarakat sehingga gampang bersaing memasuki dunia kerja. Tapi, Bambang sadar, tak semua masyarakat ingin bekerja, sebagian masyarakat lebih cenderung berusaha.

Beragam kemudahan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) dan perbaikan iklim usaha pun dilakukan pemerintah. Hal ini dinilai penting untuk mendukung progam bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat.

"Ini penting supaya program jaminan sosial bisa meningkatkan pendapatan, ini kalau digabung mereka tidak akan jatuh miskin, tapi naik sampai ke kelas menengah," kata Bambang.

Pemerintah juga menekankan pentingnya memanfaatkan perkembangan teknologi. Bambang mencontohkan pemanfaatan akses digital terhadap petani. Petani bisa memiliki akses dan kemampuan pemasaran yang lebih baik.

"Tidak lagi petani ditipu tengkulak, mereka akan punya harga lebih jauh dari harga tengkulak," jelas Bambang.


(SAW)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA