Pegadaian Maksimalkan Teknologi Pacu Pertumbuhan Bisnis

Angga Bratadharma    •    Kamis, 13 Sep 2018 20:38 WIB
pegadaian
Pegadaian Maksimalkan Teknologi Pacu Pertumbuhan Bisnis
Direktur Teknologi Informasi Digital Pegadaian Teguh Wahyono (Foto: Medcom.id/Herfindo Satria Gading)

Jakarta: PT Pegadaian (Persero) melihat terdapat perubahan dalam bisnis gadai di Indonesia yang artinya perlu diantisipasi agar laju bisnis tidak terganggu. Dalam hal ini, pengembangan digital menjadi penting guna menyesuaikan situasi dan kondisi bisnis sejalan dengan berkembangnya teknologi informasi.

Direktur Teknologi Informasi Digital Pegadaian Teguh Wahyono tidak menampik kondisi bisnis mulai berubah. Bahkan, terdapat beberapa tantangan yang harus diselesaikan dengan baik. Tantangan itu seperti persaingan meningkat pesat dengan kehadiran pesaing baru termasuk kehadiran fintech. Salah satu solusi yang bisa dipergunakan yakni memaksimalkan teknologi.

"Tantangan lain yakni nasabah memiliki pandangan negatif tentang gadai karena gadai masih dianggap sebagai pinjaman darurat. Selain itu, nasabah menjadi semakin digital. Bagi perusahaan besar, risiko datang pelan-pelan dan ini kejadian dengan nasabah turun (di Pegadaian)," ujar dia, di Jakarta, Kamis, 13 September 2018.

Lebih lanjut, ia menilai, perlu transformasi dalam rangka menjaga momentum pertumbuhan bisnis di era sekarang ini. Menurutnya transformasi akan berhasil jika empat unsur dipenuhi. Pertama, harus jelas objeknya. Kedua, ada pemimpin yang menggerakkan.

Ketiga, semua pihak menghendaki. Keempat, prosesnya harus dicatat supaya bisa dipelajari oleh semua orang dan menjadi sistem. Jangan sampai transformasi digerakkan oleh pemimpin yang ilmunya hanya melekat pada orangnya. Nanti kalau pemimpinnya pergi, transformasi tidak bisa dijalankan karena bukan menjadi sistem.

Dirinya tidak menampik menjalankan transformasi tidak semudah membalikkan telapak tangan dan perlu usaha yang besar, keyakinan akan berhasil, dan terus menerus melibatkan semua pihak agar perubahan ini benar benar berdampak signifikan hingga unit terkecil yang berada di pelosok negeri.

"Beruntung, pegadaian memiliki keempat unsur tersebut, karena dukungan dan semangat seluruh karyawan yang ikut tertular dari pemimpin tertingginya tersebut," pungkas Teguh. 

 


(ABD)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA