Industri Gadai Tidak Dikhawatirkan Tambah Pinjaman Berlebih

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 05 Oct 2016 12:51 WIB
pegadaian
Industri Gadai Tidak Dikhawatirkan Tambah Pinjaman Berlebih
Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Firdaus Djaelani (MI/Galih Pradipta)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai diizinkannya pegadaian swasta untuk menyalurkan pinjaman akan menambah akses masyarakat yang membutuhkan pendanaan. Pegadaian swasta akan menambah alternatif lembaga pembiayaan kepada masyarakat selain industri perbankan.

Sebelumnya, OJK sudah menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian tanggal 29 Juli 2016 di mana OJK menetapkan berbagai syarat yang harus dipenuhi perusahaan pegadaian swasta. Mulai dari syarat modal, badan hukum, perizinan, hingga kegiatan usaha yang diperbolehkan.

"Tujuan kita melahirkan pegadaian swasta untuk menambah akses keuangan bagi masyarakat dan menambah likuiditas di lapangan," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani, di Graha CIMB Niaga, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Untuk itu, dirinya mengingatkan agar para pelaku usaha pegadaian maupun penyalur pinjaman mikro lainnya untuk berhati-hati dalam memberikan pinjaman. Hal ini bisa dilakukan dengan mengenali profil nasabah saat akan melakukan pinjaman.

"Tapi tentunya masing-masing lembaga keuangan harus mengenal benar customer-nya siapa. Mereka kan mengisi formulir pinjaman, artinya mereka sudah pinjam di mana saja," jelas Firdaus.

Dirinya menambahkan, keberadaan Perkumpulan Akses Keuangan Indonesia (Pakindo) akan menyediakan data. Data ini akan meliputi kebutuhan serta kecukupan pinjaman bagi nasabah mikro untuk mencegah terjadinya pinjaman berlebih sehingga tidak menimbulkan kredit macet.

"Dan Pakindo mungkin akan membangun sebuah data untuk lembaga keuangan mikro ini sudah memberikan pinjaman ke mana saja dan konsumennya sudah meminjam ke mana saja. Sehingga tidak terjadi pinjaman yang berlebihan," pungkasnya.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA