Bank Mandiri Rem Laju Kredit Komersial Tekan NPL

Angga Bratadharma    •    Kamis, 22 Sep 2016 15:08 WIB
bank mandiri
Bank Mandiri Rem Laju Kredit Komersial Tekan NPL
Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Rafas. (FOTO: MTVN/Angga Bratadharma)

Metrotvnews.com, Belitung: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) atau Bank Mandiri membenarkan tengah mengerem laju pertumbuhan kredit komersial sekarang ini. Hal itu dilakukan guna menekan tingkat kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) agar tidak terus membengkak.

"Pertumbuhan di komersial lumayan direm karena di situ letaknya (pemicu NPL mengalami kenaikan. Kenapa? Karena turunannya dari tambang, yang suplai truk, lalu kontraktor, kena dampak dan mengalami penurunan," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Rafas, dalam Media Training Bank Mandiri 2016, di Belitung, Kamis (22/9/2016).

Menurutnya, segmen komersial masuk ke area Small Medium Enterprise (SME). Sementara tambang beserta turunannya seperti suplai truk, kontraktor, penerimaan order atas pertambangan mengalami pelemahan. Kesemuanya itu masuk ke komersial yang artinya berada di SME.

"Mereka ada di SME. Jadi penurunan terjadi dan ada kredit macet. Mereka itu yang terkena dampak karena mereka memang juga menjadi vendornya," tutur Rohas.

Sampai semester I-2016, rasio kredit bermasalah terbesar disumbangkan oleh kredit komersial yang tercatat di sekitar 1,5 persen sampai dengan dua persen. Namun demikian, Bank Mandiri siap menekan angka itu di semester II-2016.

Sementara itu, Bank Mandiri mencatat laba di semester I-2016 turun 28,7 persen atau hanya menjadi Rp7,08 triliun. Sedangkan di semester I-2015, laba Bank Mandiri tercatat sebesar Rp9,92 triliun.

Pada titik ini, Bank Mandiri masih optimistis laba perseoran akan pulih pada semester II-2016. Pemicunya adalah konsumsi swasta akan pulih, sehingga akan meningkatkan kualitas pinjaman kredit Bank Mandiri, khususnya di sektor kredit komersial.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA