Pegadaian Punya Bisnis Lain untuk Optimalisasi Aset

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 13 Feb 2018 20:10 WIB
pegadaian
Pegadaian Punya Bisnis Lain untuk Optimalisasi Aset
Pegadaian (ANT/Akbar Nugroho Gumay).

Jakarta: PT Pegadaian (Persero) mengembangkan bisnis di luar aktivitas gadai yang dilakukan oleh perusahaan. Tercatat kini Pegadaian memiliki dua jenis usaha yang berbeda di luar pegadaian, yakni PT Pesonna Optima Jasa serta PT Pesonna Indonesia Jaya.

Pesonna Optima Jasa merupakan pelaksana jasa layanan kebersihan, pengemudi, dan satuan pengamanan untuk mensuplai kebutuhan induk usaha. Sedangkan Pesonna Indonesia Jaya bergerak di bidang akomodasi dengan menyediakan hotel di berbagai wilayah.

"Pertama optimalisasi aset, pegadaian itu punya banyak aset, ada ratusan tapi belum optimal," kata Kepala Humas Pegadaian Basuki Tri Andayani saat berbincang dengan Medcom.id di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Februari 2018.

Dirinya menambahkan, saat ini Pegadaian tidak hanya menyediakan hotel saja tetapi juga ada pasar dan ruko yang disewakan. Optimalisasi aset ini disesuaikan dengan studi uji kelayakan yang dilakukan oleh Pegadaian, sehingga pemanfaatannya bisa menguntungkan.

"Selian optimalisasi aset, orang-orang yang belum mengenal Pegadaian, bisa mengenal Pegadaian dengan cara yang lain. Karena pasti mereka akan surprise juga 'ini saya mau ke hotel kok ada Pegadaiannya. Orang dapat literasi secara tidak langsung, awareness jadi tinggi juga," jelas dia.

Lebih lanjut, secara bisnis Pegadaian juga akan lebih efisien jika menggunakan jasa yang dimiliki oleh anak usahanya sendiri. Selain itu, antara produk yang dimiliki oleh anak usaha dan induk usaha bisa disinergikan sehingga menimbulkan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

"Makanya namanya Pegadaian selalu optimalkan nila-nilai aset (Pesonna). Ini juga bagian dari cross selling, dengan memperkenalkan produk-produk yang berbeda, jadi istilahnya simbiosis mutualisme. Di internal kalau ada kegiatan juga bisa memanfaatkannya," pungkasnya.



(SAW)