Tahir Foundation Akan Bantu Peralatan di BLK Pemerintah

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 09 Feb 2018 07:12 WIB
berita kemenaker
Tahir Foundation Akan Bantu Peralatan di BLK Pemerintah
Menaker Hanif Dhakiri dan Chairman Tahir Foundation Dato Sri Tahir. Foto: Medcom.id/Gervin N. Purba

Jakarta: Tahir Foundation berkomitmen membantu program pemerintah dalam meningkatkan kompetensi calon pekerja migran Indonesia (PMI) sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Hal itu ditandai dengan bantuan pelatihan bagi 5 ribu calon PMI.

Direktur Tahir Foundation Aizirman Djusan mengatakan Tahir Foundation juga akan memberikan bantuan peralatan di balai latihan kerja (BLK) milik pemerintah dan membiayai pelatihan berbasis kompetensi calon PMI.

"Kita bantu program pemerintah," ujar Aizirman usai penandatanganan nota kesepahaman Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker)-Tahir Foundation di kantor Kemenaker, Jakarta, Kamis, 7 Februari 2018.

Klik: Kemenaker-Tahir Foundation Kerja Sama Meningkatkan Kompetensi SDM

Dalam hal bantuan peralatan di BLK, Aizirman mengatakan pihaknya akan memberikan peralatan yang selama ini tidak ada di BLK. Para calon PMI akan dididik dan dilatih di BLK Bandung, Semarang, dan Surabaya.

"Tahir Foundation memberikan bantuan dengan memfasilitasi softwarenya mungkin. Contoh melatih care giver dan perawat, kan itu dalam pelatihan harus ada semacam boneka orang yang dirawat. Itu tidak ada di BLK. Kami bantu. Bantuan lainnya, seperti komputer," jelas Aizirman.

Aizirman belum bisa membeberkan nilai bantuan, karena masih harus mengitung kebutuhan di setiap BLK. "Tergantung kebutuhan. Ini akan dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama (PKS) antar unit yang terlibat dengan kami," katanya.

Direktur Penempatan dan Perlindungan TKLN Kemenaker Soes Hindharno mengatakan kebutuhan masing-masing BLK untuk pelatihan selama lima tahun masih diitung.

"Perjanjian kerja sama rencana akhir Februari. Pak Tahir (Chairman Tahir Foundation Dato Sri Tahir) maunya Maret sudah jalan," tutur Soes.


(TRK)


Bedah Editorial MI: Membendung Efek Turki

Bedah Editorial MI: Membendung Efek Turki

7 hours Ago

Perlambatan ekonomi Turki sebagai akibat terjerembapnya lira, mata uang mereka, hingga lebih da…

BERITA LAINNYA