UKM Indonesia Buka Pasar ke Timur Tengah

   •    Kamis, 09 Nov 2017 16:05 WIB
ukmumkm
UKM Indonesia Buka Pasar ke Timur Tengah
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemasaran produk-produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia ke pasar Timur Tengah dan Afrika Utara akan menjadi lebih mudah dengan diresmikannya kantor Smexindo-Induk UMKM Indonesia Bahrain. Diharapkan hal seperti ini bisa mendukung pertumbuhan UKM di masa mendatang.

"Bahrain bisa menjadi pintu masuk utama dan bisa memudahkan penetrasi produk-produk UKM Indonesia ke Timur Tengah, negara-negara teluk dan Afrika Utara," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Bahrain Nur Syahrir Rahardjo, seperti dikutip dari Antara, Kamis 9 November 2017.

Keberadaan kantor perwakilan Induk UMKM Indonesia di Bahrain nantinya, lanjut dia, dapat memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai komoditas maupun produk-produk yang dibuat di Indonesia sekaligus informasi tentang produk-produk yang dibutuhkan di kawasan tersebut.

Sehingga, lanjut dia, dapat terwujud perdagangan yang saling menguntungkan dengan negara-negara di kawasan tersebut dan juga bisa membantu peningkatan hubungan perdagangan bilateral antara kedua negara serta persaudaraan Indonesia dan Bahrain.

Data perdagangan bilateral antara Indonesia dan Bahrain periode Januari sampai Agustus 2017, seperti tercatat pada Kementerian Perdagangan RI, mencapai USD150,8 juta. Meski demikian, Indonesia mengalami defisit perdagangan sebesar USD87,4 juta.

"Saya berharap dengan dibukanya kantor perwakilan ini pada 5 November akan meningkatkan ekspor Indonesia ke Bahrain dan juga semakin membuka kesadaran masyarakat Bahrain terhadap Indonesia," katanya.


(ABD)