Pemerintah Kembali Gelontorkan Beras untuk Tekan Harga

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 09 Jan 2018 10:32 WIB
stok berasbulog
Pemerintah Kembali Gelontorkan Beras untuk Tekan Harga
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rahmad)

Jakarta: Pemerintah kembali melakukan operasi pasar untuk menekan harga beras yang kembali naik di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu Rp11.131 per kilogram (kg). Dalam konteks ini, Perum Bulog melepas puluhan truk bermuatan beras jenis medium untuk operasi pasar hari ini.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartisato Lukita yang ikut hadir dalam pelepasan operasi pasar beras medium mengatakan operasi pasar ini adalah upaya pemerintah guna menurunkan harga beras dipasaran. Harapanya adalah masyarakat tidak merasa terbebani dengan kenaikan harga beras tersebut.

"Saya mau memastikan dan melepas beras yang akan dikirim. Upaya ini bagian dari perluasan jumlah titik yang akan menjual beras Bulog dengan harga di bawah HET," kata Enggartiasto, di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Jakarta Utara, Selasa, 9 Januari 2018.

Sebelumnya pada Desember 2017, pemerintah sudah melakukan operasi pasar di 1.172 titik. Namun, operasi pasar kembali dilakukan pada Januari 2018. Kali ini pemerintah menambah titik lokasi operasi pasar menjadi 1.838 titik. "Ini diperluas titik operasinya," ucap dia.

Enggartiasto menambahkan, beras medium yang digelontorkan hari ini dijual seharga Rp9.300 per kilogram (kg). Dengan harga tersebut ia yakin dalam dalam beberapa ke depan harga beras akan kembali normal.

"Dengan diluncurkan ini, kita akan lihat dalam waktu satu dua hari ini harusnya harga terkendali dan harga akan langsung turun kembali," ujar dia.

Ia menambahkan, pemerintah akan terus menggelontorkan lebih banyak beras jika harga beras terus bertengger di atas harga pasar.  "Sampai harganya turun," tegas dia.

Seperti diketahui, berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, harga beras kualitas medium dalam dua hari terakhir tercatat mengalami kenaikan.  Pada Minggu, 7 Januari 2018, harga rata-rata nasional beras kualitas medium sebesar Rp11.041 per Kg, sementara pada Senin, 8 Januari 2018 mengalami kenaikan menjadi Rp11.131 per Kg.

Sementara berdasar data dari Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), dalam satu pekan terakhir harga beras jenis IR-64 II berkisar dari Rp11.100 sampai Rp11.675 per Kg. Sedangkan untuk jenis IR-64 III berkisar dari Rp7.800 sampai Rp8.800 per kilogram.

 


(ABD)