IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI ke 5,17%

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 09 Oct 2018 15:49 WIB
imfpertumbuhan ekonomiIMF-World Bank
IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI ke 5,17%
Kepala Ekonom IMF Maurice Obstfeld -- Foto: AFP

Bali: Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 5,3 persen menjadi 5,17 persen hingga akhir 2018. IMF juga memangkas pertumbuhan ekonomi dunia dari 3,9 persen menjadi 3,7 persen.

Kepala Ekonom IMF Maurice Obstfeld menjelaskan penurunan proyeksi tersebut tak terlepas dari perkiraan IMF terhadap pertumbuhan ekonomi dunia.

"Meskipun kami menurunkan proyeksi karena monetary policy, oil price dan perang dagang tapi kami lihat pertumbuhan masih strong," kata Maurice dalam laporan World Economic Forum Oktober 2018 di Bali, Selasa, 9 Oktober 2018.

Meski demikian, Maurice masih melihat Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan yang kuat dibanding negara lain. Hal ini menjadi kesempatan bagi Pemerintah Indonesia untuk lebih konsisten meningkatkan pertumbuhan.

Dia bilang Indonesia perlu mendorong pembangunan infrastruktur lebih tinggi lagi. Sebab, langkah pemerintah selama ini yang menjadikan infrastruktur sebagai salah satu fokus pembenahan sudah tepat.

"Indonesia bisa mendapat penerimaan pajak yang banyak, juga dengan meningkatkan investasi di pendidikan, infrastruktur, dan sosial. Ini akan menguntungkan banyak pihak. Kami melihat, Indonesia perlu meningkatkan human capital," pungkasnya.

 


(Des)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA