Mensos: Kurang dari 10% Daerah Belum Siap BPNT

Husen Miftahudin    •    Kamis, 08 Nov 2018 16:24 WIB
bansos
Mensos: Kurang dari 10% Daerah Belum Siap BPNT
Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita. MI/Arya.

Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengakui beberapa daerah Indonesia belum sepenuhnya siap melaksanakan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Ada kurang dari 10 persen wilayah Indonesia yang belum mampu melaksanakan BPNT.

"Ada daerah-daerah yang kita lihat, kita harus akui kesiapannya belum ada. Tapi (daerah yang belum siap BPNT) kurang dari 10 persen," ujar Agus di kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis, 8 November 2018.

Agus bilang, wilayah-wilayah yang belum siap melaksanakan BPNT yakni daerah terluar Indonesia. Kebanyakan dari mereka belum siap secara infrastruktur hingga ketiadaan e-warong.

"Papua itu belum siap, Maluku yang bagian-bagian terluarnya juga belum siap," akunya.

Pemerintah memberi kelonggaran bagi daerah-daerah yang belum siap mengimplementasikan BPNT. Ada waktu selama tiga bulan untuk mentransformasi bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke BPNT.

"Kita berikan batasan waktu, paling lama tiga bulan agar mereka mempersiapkan supaya daerah mereka sama dengan daerah lain bisa full BPNT," ungkap Agus.

Sementara itu, Agus menyebut transformasi Rastra ke BPNT untuk seluruh wilayah Tanah Air bakal rampung pada Februari 2019.

"Kita sedang mengupayakan agar transformasi Rastra ke BPNT itu selesai 100 persen, kita ancer-ancernya di Februari (2019)," tutup dia.


(SAW)


Merpati dalam Cangkang

Merpati dalam Cangkang

22 hours Ago

NASIB maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines (persero) bak burung dalam sangkar.

BERITA LAINNYA