Sri Mulyani Pimpin Sidang Dewan Gubernur World Bank-IMF 2017

Desi Angriani    •    Senin, 17 Apr 2017 16:07 WIB
bank dunia
Sri Mulyani Pimpin Sidang Dewan Gubernur World Bank-IMF 2017
Menteri Keuangan Sri Mulyani. MTVN/Desi Anggriani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani akan memimpin sidang para dewan gubernur dalam pertemuan Musim Semi Bank Dunia Dana Moneter Internasional (the IMF-World Bank Spring Meeting di Washington DC, Amerika Serikat.  Pertemuan bertaraf internasional itu berlangsung selama satu minggu yakni mulai 19 hingga 24 April 2017. 

"Selain menghadiri spring meeting yang dalam hal ini saya juga akan menjadi pimpinan development comitte," ujar Sri dalam konferensi pers di Gedung Badan Pelatihan dan Pendidikan Negara, Jakarta, Senin 17 April 2017.

baca : Ketua IMF Minta Investasi Lebih Besar di Riset

Sri memaparkan, pertemuan dewan gubernur yang mewakili 189 negara ini dalam rangka membuat berbagai keputusan penting mengenai masa depan anggota bank dunia. Khususnya mengenai arah reformasi bank dunia dalam membantu negara  berpendapatan rendah dan negara berkembang, pengurangan kemiskinan serta mendukung sustainable development goal 2030.

"Menyangkut maslah pembangunan di seluruh dunia, menyangkut pembahasan mengenai isu yang dihadapi negara berkembang," ungkapnya.

Selain itu, Sri juga akan menghadiri pertemuan G20 menteri keuangan dan gubernur bank sentral serta menghadiri IMF comitte untuk membahas perkembangan perekonomian global terkini dan arah kebijakan negara-negara G20. 

"Saya menghadiri spring ini adalah juga menghadiri G20 menteri keuangan dan gubernur bank central. Ini jadi penting karena pertemuan di Baden-Baden ada impresi Menkeu G20 tidak penuh kesepakatannya dalam eko dunia dan juga melawna kebijakan proteksionis," tuturnya.

Sri juga diundang diberbagai acara internasional untuk memberikan opening remarks menjadi panelis serta memberikan pidato pada acara The United States-Indonesia Society (USINDO). Beberapa isu yang akan dibahas adalah ketidaksetaraan, pertumbuhan ekonomi yang merata, urbanisasi, reformasi struktural, program amnesti pajak dan pemberdayaan perempuan.

Pertemuan tahunan 2017 diperlirakan dihadiri 15.000 delegasi dari 189 negara anggota IMF dan bank dunia yang terdiri darj menteri keuangan, gubernur bank sentral, delegasi dari lembaga kerja bsama ekonomj global dan regional, perwakilan lembaga masyarakat sipil, kalangan swasta dan akademis. 





(SAW)