Menpar Sambut Baik Masuknya Investor Asing di Banyuwangi

   •    Minggu, 10 Sep 2017 18:17 WIB
investor
Menpar Sambut Baik Masuknya Investor Asing di Banyuwangi
Menteri Pariwisata Arief Yahya (MI/Rommy Pujianto).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik masuknya investor di bidang pariwisata yang masuk ke Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai destinasi wisata favorit baru. 

Menpar Arief Yahya mengatakan, pentingnya investor untuk mendukung perkembangan suatu kawasan wisata yang baru berkembang seperti halnya Banyuwangi di Jawa Timur.

"Semakin banyak masuk investor terutama untuk hotel-hotel sebagai sarana pendukung akomodasi makin mendorong sektor pariwisata di suatu kawasan berkembang," jelas dia dikutip dari Antara, Minggu 10 September 2017. 

Ia didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meresmikan hotel bintang 4 di Banyuwangi, Grand Harvest Resort & Villas, pada Sabtu (9/9). Hotel itu terletak di Kecamatan Licin yang notabene merupakan salah satu base camp untuk menuju kawasan wisata Ijen.

Menurut dia, semakin bertambahnya investor perhotelan yang masuk menunjukkan pengembangan industri pariwisata di Banyuwangi begitu cepat. Data menunjukan kenaikan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) yang tinggi. 

Pada 2016 tercatat lebih dari 4,6 juta wisnus yang berkunjung ke Banyuwangi atau melonjak 85 persen dibandingkan pada 2015 dengan 2,5 juta wisnus. Jumlah tersebut hampir 3 kali lipat jumlah penduduk Banyuwangi yang sebanyak 1,6 juta orang.

Sedangkan kunjungan wisman tahun lalu juga tumbuh 33 persen atau mencapai 141 ribu wisman, sebelumnya sebesar 105 ribu wisman pada 2015. Angka itu dinilainya relatif besar bagi destinasi yang baru bahkan melebihi Manado dengan 40 ribu wisman pada 2016. Pada tahun ini angka ini diproyeksi tumbuh dengan pesat.

"Banyuwangi letaknya strategis karena dekat dengan Bali. Banyuwangi juga indah dan jika ingin menjadi destinasi wisata unggulan, Banyuwangi harus punya bandara internasional," kata Menpar Arief.

Ia menjelaskan bahwa hal ini tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah setempat yang terus mendorong Banyuwangi sebagai destinasi wisata unggulan dengan promosi besar-besaran, penyelenggaraan festival-festival, pembangunan destinasi baru, dan pembangunan infrastruktur untuk mendukung mobilitas wisatawan dari serta ke Banyuwangi. 



(SAW)