BI Proyeksikan Konsumsi Tumbuh di Kuartal III-2017

Desi Angriani    •    Rabu, 09 Aug 2017 16:20 WIB
bank indonesia
BI Proyeksikan Konsumsi Tumbuh di Kuartal III-2017
Gubernur BI Agus Martowardojo. MI/M Irfan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan konsumsi masyarakat akan bergeser ke kuartal III tahun 2017. Pertumbuhan rill konsumsi masyarakat saat ini tercatat melambat di bawah 5 persen atau 4,93 persen pada triwulan I-2017.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menuturkan, pertumbuhan konsumsi tersebut dipicu oleh banyaknya kegiatan jual dan beli pada kuartal kedua sehingga nilai konsumsi bergeser ke kuartal III.

"Dalam banyak hal ada sejumlah kegiatan di Q2 yang membuat kontribusi pertumbuhan konsumsi bergeser ke Q3," ungkap Agus di Function Room Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.



Meski daya konsumsi melemah di kuartal I dan II, Bank Indonesia tetap meyakini ekonomi RI dapat tumbuh pada level 5,1 persen year on year (yoy) di kuartal II tahun 2017.

"kalau tadi kami bicara di Q2 ada 5,1 persen kita mendalami dan mengetahui memang konsumsi belum terlalu kuat," tutur dia.

Meski demikian, Agus masih meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran 5 sampai 5,4 persen secara tahunan (yoy) pada tahun 2017. "Kami masih melihat ekonomi Indonesia dalam kondisi baik dan kita mengarah ke 5-5,4 persen," tandasnya.

Angka konsumsi dari penjualan retail hanya tumbuh 6,7 persen pada Juni 2017. Angka pertumbuhan ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 8 persen.

Penurunan konsumsi masyarakat salah satunya dipengaruhi oleh inflasi dari atas penyesuaian tarif listrik dan terlambatnya pembayaran gaji ke-13 PNS.

 


(SAW)