BUMN Berangkatkan 118.220 Pemudik untuk Mudik Gratis

Annisa ayu artanti    •    Senin, 19 Jun 2017 10:43 WIB
bumnmudik lebaran 2017
BUMN Berangkatkan 118.220 Pemudik untuk Mudik Gratis
Menteri BUMN Rini Soemarno bersama sejumlah direksi perusahaan BUMN di sela-sela pelepasan sejumlah pemudik (Foto: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan sejumlah perusahaan BUMN memberangkatkan sebanyak 118.220 pemudik ke-84 kota secara gratis. Adapun kota tujuannnya tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, hingga Sulawesi.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pemudik yang ikut dalam acara 'Mudik Bareng, Guyub Rukun' ini mengalami peningkatan sebanyak 29 persen. Pada 2016 tercatat BUMN hanya memberangkatkan 92.014 pemudik ke-77 kota tujuan.

Dalam kesempatan itu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, momen mudik ini bentuk dari implementasi BUMN hadir untuk negeri. Perusahaan-perusahaan BUMN menyumbang beberapa moda transportasi seperti bus, kereta, kapal, dan pesawat.

"BUMN selalu memastikan diri untuk hadir bagi negeri melalui berbagai manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Momen Ramadan dan Lebaran ini adalah saat yang tepat guna berbagi dan menjalin tali silaturahmi," kata Rini, di TMII, Jakarta Timur, Senin 19 Juni 2017.


Menteri BUMN Rini Soemarno bersama sejumlah direksi perusahaan BUMN di sela-sela pelepasan sejumlah pemudik (Foto: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Rini menjelaskan, meningkatnya jumlah pemudik pada musim Lebaran setiap tahun berpotensi menimbulkan ekses kemacetan dan kecelakaan di jalan raya. Untuk itu, melalui program mudik gratis ini diharapkan dapat meminimalisir kemacetan dan kecelakaan.

"Jadi 'Mudik Bareng BUMN' ini juga menjadi solusi untuk mengurai kemacetan selama mudik, sekaligus menekan jumlah angka kecelakaan mudik," jelas Rini.


Suasana saat Kementerian BUMN dan sejumlah perusahaan BUMN melepas para pemudik (Foto: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Ditemui ditempat yang sama, Direktur Utama Jasa Raharja Budi Setyarso, sebagai penyelenggara program mudik ini mencatat jumlah transportasi yang digunakan dalam program ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Jumlah moda transportasi yang digunakan tahun ini adalah 1.920 unit bus, 18 kapal, 11 kereta, dan 24 pesawat.

"Persentase peningkatan jumlah kendaraan 17,94 persen dibandingkan tahun lalu," kata Budi.

Adapun 28 BUMN berpartisipasi dalam kegiatan Mudi Bareng BUMN 2017. Dikoordinasi oleh PT Jasa Raharja, BUMN yang terlibat yakni PT Aneka Tambang, PT Angkasa Pura II, PT ASDP, PT Askrindo, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, PT BKI, dan PT Brantas Abipraya.

Selain itu, perusahaan BUMN lain yang ikut yakni PT Bukit Asam, PT Indofarma, PT Jasa Marga, PT Pegadaian, PT Pelindo I, PT Pelindo II, PT Pelindo III, PT Pelindo IV, PT Pertamina, PT PGN, PT PLN, PT Pupuk Indonesia, PT Semen Indonesia, PT Taspen, PT Telkom, PT Timah, dan PT Wijaya Karya.

 


(ABD)

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

13 hours Ago

Aparat TNI AL Wilayah Dumai, Riau, menangkap sebuah kapal motor kayu yang diduga mengangkut 24 …

BERITA LAINNYA