Asian Games hingga Persiapan Pilpres jadi Pendorong Ekonomi Semester II

Eko Nordiansyah    •    Senin, 06 Aug 2018 18:54 WIB
asian games
Asian Games hingga Persiapan Pilpres jadi Pendorong Ekonomi Semester II
Asian Games. Dok: Istimewa.

Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan sejumlah kegiatan akan menopang pertumbuhan ekonomi semester II. Kegiatan itu di mulai dari gelaran Asian Games, pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia, hingga persiapan pemilihan presiden (pilpres) 2019 dinilai akan mendorong konsumsi.

"Saya masih berharpa kita ada Asian Games, mungkin masih ada pertemuan IMF-World Bank, persiapan pilpres akan mulai kencang,"  kata Kepala BPS Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Senin, 6 Agustus 2018.


Suhariyanto menyebut pertumbuhan ekonomi akan berat mencapai target pemerintah sebesar 5,4 persen. Padahal pada kuartal II-2018 pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,27 persen, atau secara kumulatif ekonomi tumbuh 5,17 persen pada semester I.

Dirinya menambahkan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III harus mencapai 5,4 persen dan 5,63 persen di kuartal IV-2018. Meski terlihat sulit, dirinya meyakini pertumbuhan ekonomi mampu mencapai 5,2 hingga 5,3 persen sampai dengan akhir tahun ini.

Sementara itu, hal lain yang perlu didorong pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah investasi. Apalagi pada kuartal II-2018 Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi hanya tumbuh sebesar 5,87 persen.

"Kalau kita hanya mengandalkan belanja pemerintah untuk investasi itu enggak cukup, tapi pemerintah harus memberikan kepercayaan bagi swasta. Kontribusi belanja modal hanya 10 persen, artinya sisa 90 persen adalah tergantung swasta," jelas dia.

Di sisi lain, pemerintah juga perlu mewaspadai kenaikan impor pada kuartal selanjutnya. Terlebih lagi ekspor Indonesia juga sangat bergantung pada kondisi global, termasuk permintaan negara eksportir hingga harga komoditas.


(SAW)