Menteri Rini: Utang BUMN Ditutup dengan Aset

Kautsar Widya Prabowo    •    Jumat, 08 Jun 2018 20:42 WIB
pertaminakementerian bumn
Menteri Rini: Utang BUMN Ditutup dengan Aset
Menteri BUMN Rini Soemarno. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)

Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjelaskan utang sebesar Rp4.800 triliun jangan dilihat dari tingginya. Pasalnya, utang tersebut dapat ditutupi dengan aset milik BUMN.

Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan utang tersebut digunakan untuk hal-hal yang produktif dan dapat ditutup oleh aset. "Kita asetnya sampai Rp7.200 triliun. Semua pinjaman untuk membangun aset produktif," kata Rini usai menghadiri buka bersama Himbara dengan anak yatim di JCC, Jakarta, Jumat, 8 Juni 2018.

Selain itu, utang yang telah melebihi utang negara sebesar Rp4.000 triliun tersebut akan dipertanyakan jika digunakan untuk aset yang tidak produktif.

Lebih lanjut, pihaknya menyakinkan bahwa semua perusahan BUMN dalam berada dalam pengawasan yang bermutu. Hal tersebut dapat terlihat dari hampir semua perusahaan dapat rating yang dilakukan setiap enam bulan dan satu tahunnya akan dikaji.

"BUMN itu dalam pengelolaannya harus transparan Good Corporate Governance. ini salah satu proses untuk menjaga profesionalitas," tambahnya.

Melambungnya utang BUMN tersebut terlihat pada rapat dengar pendapat dengan Komisi IV yang mempertanyakan kondisi utang BUMN saat ini. Hingga 2017 telah tembus hingga Rp4.825 triliun.


(AHL)