Libur Lebaran, BJB Siapkan Dana Rp14,4 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 07 Jun 2018 13:40 WIB
bjb
Libur Lebaran, BJB Siapkan Dana Rp14,4 Triliun
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Jakarta: ‎PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) menganggarkan dana tunai untuk mengantisipasi kebutuhan dana masyarakat di Ramadan dan Lebaran sebesar Rp14,4 triliun. Dana itu akan disebar di seluruh Indonesia, khususnya kota tujuan bagi pemudik di tahun ini.

Direktur Utama Bank BJB Ahmad lrfan ‎menyatakan dana tunai yang disiapkan di Ramadan dan libur Lebaran tahun ini meningkat 50 persen bila dibanding periode yang sama tahun lalu.‎ Sebab, ada beberapa kebutuhan pencairan dana yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

‎"Ada seperti pencairan Dana Sertifikasi Guru, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), gaji ASN dan pensiunan Juni, gaji ke-14 ASN dan pensiunan, serta THR ASN dan pensiunan," ungkap Ahmad Irfan, di Kantor Cabang BJB di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 7 Juni 2018.

Selain itu BJB juga menerima penukaran uang ‎di semua kantor cabang yang dimiliki perusahaan. Tapi, selama bulan Ramadan 1439 H, BJB melalui Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pemkot Bandung yang ditunjuk bersama bank-bank lain secara khusus melayani penukaran uang di sekitar Bank Indonesia untuk wilayah Bandung.

Dia mengatakan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, perusahaan telah menunjuk penukaran uang di Kantor Cabang (KC) BSD, KC Daan Mogot, KC Gajah Mada, KC Hasyim Ashari, Kantor Cabang Khusus (KCK) Jakarta, KC Kebayoran Baru, KC Rasuna Said, KC Rawamangun, KC SParman, dan KC Saharjo.

Berdasar data yang ada, bank sentral telah menyediakan uang kartal untuk persiapan Lebaran sebesar Rp188,2 triliun. Uang kartal telah disebar ke seluruh kantor perwakilan Bl di Indonesia untuk kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran di tahun ini. ‎BI juga mengimbau agar masyarakat menukarkan uang baru untuk persiapan Lebaran di tempat resmi.

Selain pasokan uang, Bl juga menggandeng 13 bank, termasuk BJB dalam menyiapkan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) melalui mobil layanan kas.

 


(AHL)


Luhut: Gaji Pilot Garuda Indonesia Sudah Besar

Luhut: Gaji Pilot Garuda Indonesia Sudah Besar

8 minutes Ago

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan mediasi antara Serikat…

BERITA LAINNYA