Menkeu Beri Kuliah Pengelolaan Anggaran Negeri di Unpad Bandung

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 29 Nov 2016 16:54 WIB
sri mulyani
Menkeu Beri Kuliah Pengelolaan Anggaran Negeri di Unpad Bandung
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. MTVN/

Metrotvnews.com, Bandung: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara dalam kegiatan kuliah umum "Kenali Anggaran Negeri" di Gedung Sanusi Universitas Padjajaran, Jalan Dipati Ukur, Bandung, Selasa siang 29 November 2016.

Dalam pembukaan kegiatan, Sri Mulyani mengatakan, salah satu instrumen kewenangan menteri keuangan yaitu mengelola anggaran belanja negara. Menurutnya ada tiga bagian penting dalam pengelolaan keuangan negara.

Baca : Daftar 15 K/L yang Kena Pemangkasan Anggaran Belanja Terbesar

"Pertama sisi penerimaan anggaran, kedua sisi bagaimana anggaran itu dibelanjakan, ketiga sisi pendapatan negara," ungkap Sri Mulyani kepada peserta diskusi umum, di Gedung Sanusi, Kampus Unpad Bandung, Selasa (29/11/2016).

Sri menegaskan, mengurus belanja negara sama seperti mengelola keuangan keluarga. Apabila ada selisih tentunya sangat berpengaruh pada keuangan negara.

"Tentu saja pendapatan dan belanja ada selisih, kalau belanja lebih besar dari pendapatan maka negara akan mengalami defisit. Sedangkan bila pendapatan lebih besar dari belanja, maka negara akan mengalami surplus, ini kelebihannya akan digunakan untuk investasi negara," paparnya.

Sri menambahkan, pengelolaan pajak juga sangat penting bagi negara. Pasalnya pendapatan pajak menjaga Republik Indonesia menjadi negara yang berdaulat.

"Pajak merupakan, simbol kemandirian negara," jelas dia.


 


(SAW)