10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi Apartemen

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 16 Oct 2017 14:29 WIB
properti
10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi Apartemen
Apartemen berpeluang dijadikan investasi yang sangat menarik (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini, banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih. Salah satunya, apartemen yang kini menjadi pilihan berinvestasi bagi kalangan menengah ke atas.
 
Apartemen berpeluang menjadi investasi yang sangat menarik. Nilai jual kembali (capital gain) dan nilai sewanya stabil. Riset yang dilakukan Colliers International Indonesia pada kuartal II-2015, memperlihatkan bahwa kinerja apartemen sewa, baik servis maupun non-servis, dan apartemen yang disewakan tetap stabil, yaitu hingga 75 persen.
 
Walau tampak menjanjikan, ada 10 hal yang mesti Anda perhatikan sebelum menjadikan apartemen sebagai alat investasi.
 
1. Tentukan di mana Anda akan membeli apartemen. Jangan hanya terpatok pada satu lokasi saja, Anda juga perlu survei ke berbagai tempat, atau setidaknya mencari informasi di internet.
 
2. Sebelum membeli, lakukan riset market kecil-kecilan untuk memastikan Anda bisa memperoleh keuntungan (value of money). Anda juga bisa berkonsultasi dengan pengamat dan agen real estate, juga periksa penjualan terbaru di wilayah tersebut. Jangan mengandalkan saran dari pengembang atau agen mereka. Hal ini sangat penting Anda rencanakan, agar apartemen yang akan Anda beli membuahkan hasil sesuai ekspektasi.
 
3. Kunjungi sebanyak mungkin apartemen, hingga mendapatkan sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.
 

(Foto:Shutterstock)
 
4. Jika telah menemukan apartemen yang tepat, pastikan ia berada dekat dengan fasilitas umum. Misalnya, pasar, toko, transportasi publik, taman, rumah sakit, sekolah, tempat bekerja, tempat olahraga, dan lainnya.
 
5. Pertimbangkan apakah apartemen dekat dengan kafe atau tempat hiburan lainnya. Perhatikan juga kondisi lalu lintas, apakah menimbulkan kebisingan dan polusi pada saat jam sibuk.
 
6. Cari tahu usia bangunan apartemen. Apakah ada fasilitas yang cenderung memerlukan perbaikan? Disarankan Anda bisa memperoleh laporan tersebut langsung dari pengelola apartemen.
 
7. Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan, apartemen mesti memiliki sistem keamanan terpadu. Gedung dilengkapi kamera pengaman (CCTV) di setiap sudut, petugas keamanan berjaga 24 jam, dan pembatasan akses masuk terhadap selain penghuni.
 
8. Apakah ada balkon, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan atau mendapat sinar matahari pagi maupun sore hari.
 

(Foto:Shutterstock)

9. Ketahui biaya perawatannya. Banyak orang yang tak memikirkan hal ini saat membeli apartemen. Ini biasa juga disebut dengan Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL), yang meliputi untuk biaya air, listrik, lift, bantuan yang disewa, kebersihan, keamanan, perawatan gedung dan lainnya.
 
Tenaga Ahli PUPR Jehansyah Siregar mengatakan, IPL atau service charge merupakan suatu biaya yang harus ditanggung penghuni untuk perawatan atau operasional apartemen, seperti lift, kolam renang, taman, dan eskalator. Hal ini telah disebutkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2011 tentang Peraturan Rumah Susun.
 
"Dalam UU tersebut disebutkan siapa pun yang punya apartemen atau rusun, wajib membayar IPL. Kisaran biaya IPL ditentukan oleh pengembang, kemudian akan dilanjutkan oleh P3SRS yang sah," kata Jehansyah.
 
10. Jika Anda fokus pada kenyamanan parkir, pilih apartemen yang mampu menyediakan hal itu. Tentu saja harga yang Anda harus bayar sesuai dengan kenyamanan yang akan Anda dapatkan. Karena pada umumnya apartemen yang menyediakan parkir 1 lot untuk tiap 1 unit hunian merupakan apartemen menengah ke atas, di mana harga jualnya miliaran rupiah ke atas. Sementara, jika Anda  memilih apartemen menengah yang lebih terjangkau, tentu sesuai aturan pemerintah bahwa lahan parkir harus berbagi dengan penghuni lainnya.
 
Apartemen Green Pramuka City yang terletak di Jakarta Pusat patut Anda pertimbangkan untuk dijadikan investasi. Selain lokasinya yang strategis, Apartemen Green Pramuka City terintegrasi dengan banyak moda transportasi sehingga memudahkan mobilitas penghuni.
(ROS)

Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan
Akhiri Perang Dagang

Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan

1 day Ago

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi Amerika Serikat akan mencapai kesepakata…

BERITA LAINNYA