Kembalikan Kejayaan Rempah, Mentan Anggarkan Rp5,5 Triliun

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 15 Nov 2017 16:20 WIB
berita kementan
Kembalikan Kejayaan Rempah, Mentan Anggarkan Rp5,5 Triliun
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto:Dok.Kementan)

Banjarmasin: Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil mencapai swasembada beberapa komoditas pangan. Target selanjutnya yang ingin dikejar oleh pemerintah melalui Kementan yaitu mengembalikan kejayaan rempah-rempah Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan anggaran Rp5,5 triliun. Dana tersebut khusus untuk mengembangkan rempah-rempah di seluruh Indonesia.

"Bisa dibayangkan, kami kasih bibit gratis, pupuk gratis. Kita harus mengembalikan kejayaan Indonesia, mulai dari cengkeh hingga pala," kata Amran, usai memimpin rapat koordinasi pangan Provinsi Kalimantan Selatan di Hotel Novotel Banjarmasin, Rabu, 15 November 2017.

Bukan tanpa alasan Amran berkeinginan mengembalikan kejayaan rempah. Pada masa lalu, rempah menjadi daya tarik bangsa-bangsa Eropa, seperti Belanda, dan Portugal, datang dan menjajah Indonesia.

"Bukan karena tambang, bukan karena yang lainnya. Kita akan kembalikan kejayaan rempah lima ratus tahun yang lalu," kata Amran optimistis.

Namun, pada saat ini rempah masih kurang mendapatkan perhatian. Tak banyak komoditas rempah yang dikelola dengan baik. Pada umumnya, rempah hanya tumbuh alami di tengah hutan Indonesia.

"Bayangkan, pala tumbuh di hutan liar, Allah yang pelihara, bukan manusia. Manusia cuma tunggu, tumbuh subur, petik," ucap Amran.


(ROS)