Livestreaming

Ditunggu Bertahun-Tahun, Murdaya Poo Lega Ikut Amnesti Pajak

Husen Miftahudin    •    Senin, 19 Sep 2016 12:56 WIB
tax amnesty
Ditunggu Bertahun-Tahun, Murdaya Poo Lega Ikut Amnesti Pajak
Murdaya Poo (ketiga dari kiri) (Foto: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengusaha kelas kakap nasional kembali mendaftarkan diri untuk ikut program amnesti pajak atau tax amnesty. Kali ini salah satu pengusaha keturunan Tionghoa, Murdaya Widyawimarta Poo ikut menyukseskan program pemerintah tersebut.

Pria yang memiliki nama asli Poo Tjie Gwan atau Poo Djie Thiong ini tiba pukul 10.50 WIB di Kanwil DJP Jakarta Selatan. Mengenakan kemeja putih berbalutkan jas hitam, Murdaya langsung ke lantai 24 untuk melaporkan hartanya.

Dia mengaku telah menunggu selama bertahun-tahun agar pemerintah melaksanakan amnesti pajak. Tak hanya dia seorang, pengusaha lainnya pun menanti kebijakan pemerintah untuk mengampuni pajak pribadi atau badan yang hanya berlaku hingga 31 Maret 2017 ini.

"Kalau ‎saya pribadi, adanya amnesti pajak ini sudah kita tunggu bertahun-bertahun. Amnesti pajak ini bisa terjadi kalau Presiden ini jujur dan ini keberanian Pak Jokowi. Kita sebagai pengusaha, kita sambut baik," ujar Murdaya, di Kanwil DJP Jakara Selatan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Senin (19/9/2016).

Murdaya mengungkapkan bahwa pelaporan harta dalam rangka mengikuti program amnesti pajak sangat mudah. Ditjen Pajak Kemenkeu telah memberi kemudahan bagi para pengusaha yang ingin berpartisipasi dalam program tersebut.

Selain itu, Murdaya juga mengaku‎ lega setelah ikut program ini. Namun dia enggan menyebut secara detail jumlah harta yang dilaporkan, baik deklarasi maupun repatriasi.

"Selama ini Ditjen Pajak dan pemerintah sangat membantu karena ini begitu kooperatif, kerja sama yang luar biasa. Saya sangat lega, apalagi umur saya yang sudah lumayan. Ada deklarasi dan repatriasi," pungkas Murdaya.

Murdaya Poo menjadi orang terkaya versi majalah Forbes dengan kekayaan mencapai USD2,1 miliar. Melalui PT Central Cipta Murdaya (CCM), dia berhasil mengantongi lisensi produk sepatu Nike di Indonesia. Selain itu, CCM juga merupakan agen pemasaran untuk produk-produk seperti IBM, HP, Hitachi dan lain-lain.

Selain CCM, Murdaya sukses mengelola sejumlah perusahaan bersama sang istri, Sri Hartati Tjakra Murdaya. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain ‎PT Berca Indonesia Kentjana Sakti, PT Altrak, PT Karunia Berca, ‎PT Handaya Aneka Shoes, PT Berca Hardayaperkasa, PT Yamatake Berca Indonesia, PT Bina Balantak Raya dan lain-lain.

Sebelum Murdaya Poo, sejumlah nama pengusaha ternama Indonesia juga telah ikut program amnesti pajak. Di antaranya adalah Sofjan Wanandi, James Riady, Garibaldi Thohir, Erick Thohir, dan Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA