Indonesia-AS Kerja Sama Perangi Illegal Fishing

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 21 Sep 2016 08:54 WIB
indonesia-as
Indonesia-AS Kerja Sama Perangi <i>Illegal Fishing</i>
Suasana kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat terkait memerangi illegal fishing (Foto: dokumentasi KKP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat (AS) kembali memperkuat kerja sama untuk memberantas penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing/IUU Fishing). Pembicaraan kedua negara dilakukan di dalam Our Ocean Conference 2016 maupun side event meetings.

Kedua negara  sepakat untuk menjajaki kerja sama untuk dual hal, yaitu pencegahan dan pemberantasan IUU Fishing dan konservasi laut. Kedua negara sepakat untuk terlibat aktif dalam forum Safe Ocean Network yang kini sudah diikuti 26 negara dan lembaga-lembaga internasional seperti UNODC dan Interpol.

Walaupun Indonesia saat ini telah berkolaborasi dengan UNODC dan Interpol dan negara-negara lain secara bilateral dalam pemberantasan IUU Fishing, namun Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti menegaskan pentingnya keterlibatan aktif dalam Safe Ocean Network untuk memperkuat dan memperluas kerja sama yg ada.

Selama di Washington, Menteri Susi melakukan pembicaraan dengan dua instansi yaitu US Department of State (Kementerian Luar Negeri/Kemenlu) dan Department of Commerce yang membawahi NOAA. Sesuai dengan tugas dan fungsi Kemenlu AS dan NOAA, Indonesia dengan Kemenlu AS menekankan komitmen keterlibatan penuh dalam Safe Ocean Network.


Menteri Susi Pudjiastuti (Foto: dokumentasi KKP)

"Dengan NOAA disepakati kerja sama yang telah ada seperti halnya kelanjutan pengembangan kapasitas kelembagaan dalam pelaksanaan PSMA. Pembicaraan juga dilakukan untuk melaksanakan patroli bersama di batas wilayah RI yang selama ini rawan terjadinya illegal fishing," ujar Susi, dalam keterangan tertulisnya, yang diterima di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Dalam petemuan bilateral dengan NOAA, Menteri Susi bertemu dengan Administrator NOAA Kathryn D. Sullivan dan membahas salah satunya mengenai patroli bersama. Skema kerja sama patroli bersama akan dibahas lebih detil oleh kedua pihak di Indonesia.

"Kapal induk Amerika memiliki jadwal patroli, di mana salah satunya akan melintasi perairan yurisdiksi Indonesia," pungkasnya.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA