Fi Asia 2016, Tingkatkan Laju Perdagangan Internasional dan Jaringan Bisnis Industri Makanan-Minuman

M Studio    •    Jumat, 16 Sep 2016 13:36 WIB
food ingredients
Fi Asia 2016, Tingkatkan Laju Perdagangan Internasional dan Jaringan Bisnis Industri Makanan-Minuman
Fi Asia 2016 akan berlangsung pada tanggal 21–23 September, di Jakarta International Expo (Foto:Dok.Fi Asia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asia Pasifik merupakan pasar yang besar dan semakin berpengaruh dalam penyediaan bahan baku makanan dan minuman. Menurut Euromonitor International, pada tahun 2012, kawasan ini menyumbang 35 persen dari nilai global persediaan produk makanan dan minuman yang memiliki nilai tambah (setara dengan hampir 8,5 juta ton dari total global 24,2 juta ton).

Asia Pasifik juga merupakan salah satu kawasan dengan pertumbuhan pesat dimana laju pertumbuhan majemuk (CAGR) diproyeksikan mencapai 4 persen sepanjang 2012 – 2017, yang berarti pada tahun 2017, Asia akan memiliki pangsa pasar global sebesar 38 persen.  Tidak heran jika Indonesia juga diharapkan menjadi salah satu pasar untuk bahan baku terkuat di Asia Pasifik selama periode ini.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, juga meyakini industri makanan dan minuman nasional bakal menjadi sektor terkuat dalam menghadapi pasar bebas ASEAN (MEA), karena didukung sumber daya alam potensial. Kemenperin mencatat pertumbuhan positif sebesar 8,2 persen pada kuartal II/2016 untuk industri makanan dan minuman.

Menurut Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto, peningkatan kekuatan industri makanan dan minuman di dalam negeri akan banyak disokong melalui ketersediaan pasokan bahan baku dan energi.

Data dari Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia – GAPMMI, juga semakin memperkuat hal diatas. Pada 2015, perputaran industri makanan dan minuman di Indonesia mencapai Rp1,2 triliun (sekitar USD87,6 juta), yang berarti mengalami peningkatan dibandingkan angka tahun sebelumnya yang tercatat Rp1.020 triliun (meningkat sebesar 17,6 persen tahun ke tahun). Begitu pun dari sisi investasi, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) merilis angka investasi sebesar USD11,9 juta pada 2015, yang artinya sektor manufaktur makanan di Indonesia masih menarik bagi investor asing.

Investasi internasional bahkan telah berkontribusi 60 persen dari seluruh manufaktur di Indonesia tahun lalu. Angka-angka tersebut sangat jelas menggambarkan betapa kuatnya sektor industri makanan dan minuman Indonesia, dan kini Indonesia tidak lagi dilihat hanya sebagai pasar ekspor produk makanan, tetapi menjadi basis produksi banyak perusahaan internasional.



Peningkatan industri makanan dan minuman di dalam negeri ini akan mendorong permintaan bahan baku pangan lebih lanjut. Seiring dengan semakin dibutuhkannya komunikasi dan interaksi bisnis bagi industri ini, UBM membawa portofolionya di sektor bahan baku pangan: Food ingredients (Fi) Asia ke Indonesia untuk memfasilitasi peningkatan perniagaan internasional dan jaringan bisnis bagi para profesional industri makanan dan minuman di Asia Tenggara dan seluruh penjuru dunia.

Fi Asia 2016 akan berlangsung pada tanggal 21–23 September, di Jakarta International Expo. Lokasinya sangat strategis di pusat Jakarta, serta akses yang mudah dari dan menuju bandara.

Saat Anda melakukan pre–registrasi di www.fiasia.com, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan praktis seperti menghindari antrean registrasi dan mendapat buku katalog gratis.

Fitur baru yang diperkenalkan di Indonesia kali ini adalah keanggotaan Fi Asia yang memberikan kemudahan seperti free Wi-fidan VIP lounge akses untuk semua acara Fi Asia di ASEAN sepanjang 2016–2020. Selain itu, pengunjung pre–registrasi di Fi Asia 2016, juga mendapatkan akses gratis kelayanan Online Business Matching, untuk memudahkan Anda mengatur jadwal pertemuan selama berada di Fi Asia. Fitur Suppliers Finder Fi Asia juga dapat Anda coba untuk menghemat waktu secara efektif, dan efisien dalam menemukan produk dan layanan yang Anda cari dari para peserta pameran Fi Asia.

Dengan semua manfaat dan keuntungan ini, Anda perlu merencanakan kunjungan Anda sekarang. Fi Asia 2016 adalah pilihan terbaik untuk menemukan bahan baku baru, membandingkan pemasok, mendapatkan ide, dan jaringan bisnis. Jika bahan baku adalah bidang usaha Anda, Fi Asia 2016 adalah tempat di mana bisnis terjadi.

Daftar sekarang juga melalui www.fiasia.com


(ROS)