Temui Boeing, Menhub Klarifikasi Kesesuaian Pilot 737 Max-8

Husen Miftahudin    •    Kamis, 01 Nov 2018 20:00 WIB
lion airLion Air Jatuh
Temui Boeing, Menhub Klarifikasi Kesesuaian Pilot 737 Max-8
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Medcom/Desi A.

Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana akan menemui pihak Boeing pada satu hingga dua hari ke depan. Selain membahas hasil investigasi pesawat Boeing 737 Max-8, pertemuan tersebut juga untuk mengklarifikasi kesesuaian pilot pesawat.

"Dengan Boeing akan kita sampaikan detail apa yang perlu diklarifikasi. Kita juga minta kejelasan soal proposal pesawat ini, mungkin saja ada ketidakcocokan pesawat ini dengan kompetensi si pilot," ujar Budi di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis, 1 November 2018.

Budi mengaku ada tiga bahasan yang akan dibicarakan antara dirinya dengan pihak Boeing. "Bagaimana mengoperasikannya (pesawat Boeing 737 Max 8), bagaimana melakukan investigasi, dan bagaimana menyiapkan pilot yang sesuai dengan pesawat ini," beber dia.

Pada pertemuannya dengan Boeing, Budi berpegang pada data dan hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Berdasarkan hasil investigasi, KNKT menemukan tiga permasalahan yang terjadi pada operasional pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat pada Senin pagi, 29 Oktober 2018.

"Kita diskusi dengan KNKT ada tiga (hasil investigasi). Ketinggian, flight control, dan kecepatan. Nanti akan kita kembangkan (diskusi) di sana (dengan pihak Boeing)," bebernya.

Di Indonesia, pesawat jenis Boeing 737 Max-8 digunakan oleh Lion Air dan Garuda Indonesia. Lion Air mengoperasikan 10 pesawat tersebut, sedangkan Garuda Indonesia hanya memiliki satu pesawat dengan jenis yang sama.

Sebelum pesawat jenis Boeing 737 Max-8 dioperasikan, Kemenhub telah melakukan standar-standar yang sudah ditetapkan. Namun ia tidak memungkiri bila ada aspek-aspek yang terlewatkan dari pengecekan.

"Sudah melakukan (pengecekan sebelum pesawat datang). Tapi ini bisa saja tidak lengkap," imbuhnya.

Pascainsiden jatuhnya pesawat Lion Air, Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kemenhub langsung menginspeksi 11 pesawat jenis Boeing 737 Max-8. Pemeriksaan menyangkut prosedur perawatan pesawat, prosedur operasional, kelengkapan peralatan, dan kualifikasi pesawat.


"Berdasarkan hasil pemeriksaan 11 pesawat itu, komponen yang terpasang tidak ada yang melewati batas umur dan tidak ditemukan gangguan teknis," tutup Budi.


(SAW)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA