Avtur Pengaruhi 24% Harga Tiket Pesawat

Husen Miftahudin    •    Rabu, 13 Feb 2019 12:32 WIB
bisnis maskapaikementerian perhubunganindustri pesawatAvtur
Avtur Pengaruhi 24% Harga Tiket Pesawat
Ilustrasi pengisian bahan bakar avtur. (FOTO: dok Pertamina)

Jakarta: Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana B. Pramesti menyebutkan komponen avtur berkontribusi sebanyak 24 persen terhadap harga tiket pesawat. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 14 Tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Angkutan Udara.

"Dari harga tiket tersebut kalau sesuai dengan Permenhub 14/2016, itu kira-kira pengaruh persentase harga avtur 24 persen. Itu tahun 2016 dengan asumsi harga-harga di 2015 akhir atau 2016 awal, dengan asumsi pula load factor (tingkat isian penumpang) 65 persen," ujar Polana di kanto Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Februari 2019.

Selain avtur, nilai tukar rupiah dan biaya-biaya jasa terkait juga turut menjadi komponen yang diperhitungkan dalam penentuan harga tiket pesawat. "Saat ini kami sudah melakukan banyak sekali monitoring terhadap harga tiket dengan mengirim inspektur-inspektur kami untuk memantau harga tiket," beber dia.

Monitoring dilakukan sebagai tindak lanjut atas pernyataan Presiden Joko Widodo dan beberapa maskapai penerbangan domestik yang menyebut komponen harga avtur terhadap harga tiket pesawat sudah mencapai 40 persen.

"Memang kami sekarang ini sedang dalam proses mereview, melakukan kajian kembali terhadap komponen-komponen, variabel-variabel yang mempengaruhi tarif dasar airlines," jelas dia.

Dalam pemantauan yang dilakukan Kemenhub, harga tiket maskapai penerbangan domestik diketahui masih di bawah koridor yang ditetapkan Permenhub Nomor 14 Tahun 2016. "Saat ini harga tiket masih di bawah koridor yang ditetapkan oleh Permenhub 14/2016," ungkap Polana.

Soal penentuan harga avtur, Polana menyerahkan hal tersebut kepada Pertamina serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun bila terjadi penyesuaian terhadap harga avtur, Polana meyakinkan komponen avtur terhadap harga tiket pesawat juga akan menyesuaikan.

"Kalau harga avtur turun, otomatis kan konponen-komponen biaya tadi kan berpengaruh. Nanti kita lihat untuk lakukan penyesuain kembali," pungkas dia.




(Des)