Produk Industri Olahan Dominasi Ekspor Indonesia

Eko Nordiansyah    •    Senin, 16 Apr 2018 16:44 WIB
ekspor
Produk Industri Olahan Dominasi Ekspor Indonesia
Olahan. ANT/Iggoy el Fitra.

Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan industri olahan masih menjadi produk utama untuk diekspor oleh Indonesia. Industri olahan menyumbang 71,75 persen dari total ekspor nonmigas yang dikirimkan oleh Indonesia ke luar negeri.

"Untuk industri olahan naik 9,17 persen, yang signifikan naik antara lain ekspor besi baja, tembaga, pakaian jadi, konveksi tekstil, pulp," kata Kepala BPS Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Senin, 16 April 2018.

Pada Maret 2018, ekspor Indonesia tercatat sebesar USD15,58 miliar atau naik 6,14 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sebanyak 91 persen atau setara USD14,24 miliar ekspor didominasi oleh ekspor non migas yang salah satunya industri olahan.

Dirinya menambahkan, ekspor pertanian dan pertambangan juga mengalami kenaikan. Ekspor produk pertanian naik 20,01 persen dengan share baru 1,81 persen, sedangkan ekspor pertambangan mencatatkan pangsa 17,85 persen dari total nilai ekspor.

"Ekspor pertanian yang cukup besar sarang burung, kopi, jagung, tanaman obat, optik, sehingga meningkat 20,01 persen. Sementara komoditas yang termasuk pertambangan antara lain batu bara naik 24 persen, biji tembaga 36 persen," jelas dia.

Sementara untuk negara tujuan ekspor, Tiongkok masih menjadi yang nomor satu disusul oleh Amerika Serikat dan Jepang. Pangsa pasar ekspor tiga mitra dagang utama ini mencapai 36,92 persen dari total ekspor.

"Tiongkok itu masih mendominasi dengan 15,77 persen, kemudian Amerika Serikat 11 persen dan Jepang 10,15 persen. Dengan catatan, ekspor ke Tiongkok komoditas terbesarnya bahan bakar mineral, besi dan baja, minyak dan lemak hewan nabati," pungkasnya.


(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA