Tarik Investor di 4 Provinsi

Kadin Minta Harmonisasi Kebijakan Pemprov dan Pemda

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 14 Sep 2017 18:41 WIB
investasi
Kadin Minta Harmonisasi Kebijakan Pemprov dan Pemda
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani. (ANT/Puspa Perwitasari).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menilai perlu ada harmonisasi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah untuk menggaet investor di Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, dan Bali.

Ketua Kadin Rosan Roeslani mengatakan, di antara empat wilayah yang ditawarkan tersebut masih ada wilayah yang belum sinkron antara proyek yang ditawarkan kepada investor dengan kondisi infrastruktur pendukung yang ada.

Oleh sebab itu, Kadin diikutsertakan dalam rapat dengan Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan perwakilan daerah siang tadi. Kadin diminta memberi masukan untuk pengembangan proyek-proyek di keempat wilayah tersebut.

"Dari kami, kami menyatakan supaya adanya harmonisasi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah," kata Rosan di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Rosan juga melanjutkan, rapat siang tadi juga membahas tentang rencana pertemuan dengan investor Tiongkok pada 3 November. Dalam pertemuan tersebut Pemerintah berencana akan mempromosikan proyek itu.

"Tadi rapat pengembangan empat wilayah, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Bali. Dan memang untuk menarik investor. Terutama CDB dari China. Ini akan ada pertemuan pada 3 November. Jadi proyek-proyeknya harus sudah mengkrucut," jelas dia.

Selain itu, Rosan juga menambahkan, Kadin juga diminta untuk ikut berperan dalam pengembangan. Jadi tidak hanya investor dari Tiongkok yang berinvestasi tetapi investor dalam negeri juga ikut andil dalam proyek.

"Harapannya dari kami dari Kadin, diminta untuk berperan aktif dalam sebagai investor disitu juga bersama-sama investor dari Tiongkok. Oleh sebab itu saya diminta hadir dan dan diminta memberikan masukan masukan bagaimana supaya proyek ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," tutup dia.


(SAW)