Pengusaha Minta Roadmap Tata Ruang Jakarta Lebih Jelas

Desi Angriani    •    Kamis, 20 Apr 2017 17:08 WIB
jakarta
Pengusaha Minta <i>Roadmap</i> Tata Ruang Jakarta Lebih Jelas
Illustrasi. ANT/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menuntut gubernur dan wakil gubernur terpilih versi hitung cepat Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk memperjelas roadmap tata ruang Jakarta. Hal itu guna mendorong perkembangan bisnis properti di Ibu Kota.

"Saya rasa yang paling penting saat ini adalah master planning dari Jakarta sendiri yang harus clear, mau seperti apa, apa yang mau dibangun, apa yang tidak boleh dibangun," ujar Ketua Dewan Pengurus Harian Apindo Shinta Kamdani usai menghadiri acara Indonesia Summit 'Back on Track di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Menurutnya, pemimpin DKI yang baru harus mampu memaksimalkan ruang Jakarta yang semakin sempit  tanpa harus merenggut hak-hak dasar warga miskin. Misalnya, merevitalisasi pemukiman kumuh dan menyediakan ruang terbuka hijau. 

"Bagaimana memaksimalkan area untuk bisa mengembangkan bisnis yg lebih besar. Itu semua kan harus ada faktor-faktornya. Masyarakat menengah, bawah, atas semua harua dicover," tutur dia.

Selain memperbaiki tata ruang, Anies-Sandi juga diminta memperhatikan regulasi di tingkat pemda yang kerap menyulitkan dunia usaha. Misalnya, izin penggunaan lahan dan building limit.

"Dari segi regulasi, perda-perda  juga perlu diperhatikan, hal-hal yang tidak berikan bisnis yang kondusif," ungkap dia.

Lebih lanjut, pembangunan transportasi publik seperti Mass Rapid Transit (MRT) juga diharapkan tidak berhenti ditengah jalan setelah masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama.

"Makanya kita mendorong sekali pembangunan MRT. Ini harus dilancarkan. Jangan sampai karena ada perubahan pemerintahan ini terkendala. Ini yg saya pikir harus jadi PR yang penting untuk pemerintah yang baru," kata Shinta.



(SAW)