Rakyat Indonesia Membeli Beras Lebih Mahal Dibandingkan Negara Lain

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 09 Aug 2017 19:01 WIB
beras
Rakyat Indonesia Membeli Beras Lebih Mahal Dibandingkan Negara Lain
Illustrasi. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga.

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat Indonesia harus merogoh kocek lebih untuk membeli beras. Sebab harga beras yang dijual di Indonesia diakui lebih mahal dibandingkan dengan negara lain.

Hal itu dikatakan oleh Perwakilan Kedutaan Australia untuk Indonesia Bradley Armstrong saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Develompment Forum di Westin Hotel, Jakarta Selatan. Padahal, kata Bradley, beras menjadi indikator dasar dalam mengetahui serta  mengatasi tingkat ketimpangan di seluruh negara.

Perkara beras bisa menyebabkan stunting atau masalah kurang gizi kronis yang bisa dialami dalam jangka waktu yang lama akibat pemberian makanan yang tak sesuai dengan kebutuhan gizi.



"Untuk mengatasi stunting dan ketimpangan masyarakat Indoesia membutuhkan kemampuan untuk membeli makanan sehat dan murah. Sementara saat ini masyarakat Indonesia membeli beras dengan harga yang lebih mahal dari negara lain," kata Bradley, Rabu 9 Agustus 2017.

Dirinya bilang, kebijakan pembangunan dalam bidang pertanian yang lebih efekif dan menciptakan ketahanan pangan merupukan upaya untuk menghindari goncangan harga pangan.

Bradley mengatakan, Australia selama ini bekerjasama, membantu Indonesia untuk mendorong produktifitas pertanian terutama untuk kegiatan agrobisnis.

"Kami telah  meningkatkan pendapatan sekitar 77.000 kelompok pertanian  sebesar 139 persen, hal ini  bagi para nelayan dan petani untuk bisa membeli makanan yang lebih baik," pungkas dia.



 


(SAW)