Menaker: CSR Jangan Hanya Sekadar Amal

Desi Angriani    •    Jumat, 18 Aug 2017 13:00 WIB
tenaga kerja
Menaker: CSR Jangan Hanya Sekadar Amal
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri dalam Acara Indonesian CSR Exihibition mengatakan, Corporate Social Responsibility (CSR) bukan hanya sekadar kegiatan amal dari perusahaan kepada masyarakat.

Menurut dia, CSR mengharuskan suatu perusahaan membuat strategi untuk keberlanjutan bisnis termasuk memperhitungkan akibat terhadap lingkungan hidup.

"CSR pada dasarnya bukan semata amal baik perusahaan kepada masyarakat bahwa ada nilai yang lebih," ujar Hanif di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat 18 Agustus 2017.

Menurutnya, selama ini program CSR kerap berbentuk bantuan fasilitas kesehatan, lingkungan dan sarana tansportasi. Namun, kegiatan tersebut akan lebih tepat guna bila perusahaan fokus memberikan pelatihan untuk mengembangkan sumber daya manusia.

Hanif menambahkan, pelatihan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan skill sehingga akses mendapatkan pekerjaan yang lebih layak pun terbuka.

"Kita dorong CSR berkontribusi untuk mengembangkan SDM karena strategi pembangunan saat ini bergegser dengan mengandalkan sumber daya manusia," tuturnya.

Lewat pelatihan vokasonal, setiap tahunnya dua juta pencari kerja dapat meperoleh pekerjaan yang layak. Hal itu, kata Hanif, akan berdampak terhadap pengurangan kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran.

"Salah satu penyebab kemiskinan adalah kompensasi terhadap tenaga kerja yang tidak punya skill rendah, mereka tidak punya skill karena pendidikannya rendah. Untuk itu dibutuhkan pelatihan," tutupnya.


(AHL)